Berita Istana - Berita Terbaru dan Terpercaya

Pungli di Klaten, Sidang Mantan Kepala PU di Agendakan Akhir Bulan

Senin 23 Desember 2019| Editor: Warsito Nusantoro Pamungkas

KLATENBERITAistana.com-Kejaksaan Negeri Klaten telah melimpahkan berkas perkara kasus pungutan liar (pungli) proyek yang melibatkan mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Klaten, Abdul Mursyid ke Pengadilan Tipikor Semarang. Sidang perdana kasus itu diagendakan 30 Desember 2019.

Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri Klaten, Ginanjar Damar Pamenang mengatakan pelimpahan berkas dilakukan pada, Kamis (19/12) lalu. Pelimpahan itu tindak lanjut setelah selesainya pemeriksaan dan penelitian berkas yang dilakukan oleh Jaksa Penutut Umum (JPU) dan sudah dinyatakan lengkap. 

“Sudah kita serahkan ke Tipikor Semarang. Agendanya sidang perdana dengan pembacaan dakwaan oleh JPU dimulai Desember mendatang, ujarnya, Sabtu (21/12/2019).

Abdul Mursyid disangkakan melanggar Pasal 11 atau Pasal 12 huruf a atau Pasal 12 huruf b atau Pasal 12 huruf e UU No. 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tipikor sebagaimana diubah UU No. 20 tahun 2001 jo Pasal 55 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara. 

Selain Abdul Mursyid, Kejaksaan Negeri juga segera melimpahkan berkas perkara yang sama dengan tersangka, Mukhlis Mursidi. Dalam kasus ini, Mursyid dan Mukhlis, selaku koordinator asosiasi penyedia jasa diduga melakukan pungli pembangunan proyek pada tahun anggaran (TA) 2015.

“Untuk berkas Mukhlis kita periksa dulu. Dalam waktu dekat ini juga akan segera kita limpahkan untuk sidang,” imbuhnya.

Pihaknya tak menutup kemungkinan selama persidangan nanti berlangsung kemungkinan bisa memunculkan tersangka baru dalam kasus tersebut. Dari fakta yang terungkap dan adanya minimal dua alat bukti, Kejaksaan Negeri Klaten sudah bisa menetapkan tersangka baru.(Tiam BI)

Terkait

Diduga Rekayasa Kasus, JPU Budi Atmoko Dilaporkan ke Komisi Kejaksaan

Januari 22, 2021

Diduga Rekayasa Kasus, JPU Budi Atmoko Dilaporkan ke Komisi Kejaksaan Jakarta –...

Presiden: Lakukan Pembangunan Pertanian Dengan Skala yang Lebih Luas

Januari 11, 2021

JAKARTA --| Presiden: Lakukan Pembangunan Pertanian dengan Skala yang Lebih Luas. Pada 11 Januari 2021 Presiden Jokowi saat meresmikan Pembukaan Rakernas Pembangunan Pertanian Tahun 2021, Senin...

BABINSA BERI WASBANG SECARA VIRTUAL

Oktober 26, 2020

Boyolali,- Mengingat pentingnya wawasan kebangsaan bagi siswa, juga kondisi yang tidak memungkinkan untuk melangsungkan kegiatan belajar mengajar dengan bertatap muka, saat ini Babinsa Koramil...

Dirlantas Polda Metro Jaya Siapkan Pos Pengamanan Saat Cuti Bersama

Oktober 25, 2020

Jakarta| Dirlantas Polda Metro Jaya siapkan Sebanyak 15 pos pengamanan disiapkan Polda Metro Jaya saat libur cuti bersama. Titik posko tersebar di jalan tol dan beberapa titik jalan...

Oknum Polri Berpangkat Kompol Jadi Kurir Narkotika

Oktober 25, 2020

Pekanbaru, |Dirresnarkoba Polda Riau Pengungkapan kasus narkoba jenis sabu yang melibatkan anggota Polri dengan barang bukti sebanyak 16 kilogram, dan mengamankan dua tersangka, pengungkapan...