Berita Istana - Berita Terbaru dan Terpercaya

Warga Rejosari Gilirejobaru Mendapatkan Hewan Qurban dari UNS UMS Bupati dan DPRD

Warga Rejosari Gilirejobaru Mendapatkan Hewan Qurban dari UNS UMS Bupati dan DPRD

Sabtu 1 Agustus 2020 foto oleh Juyanto S.Pd

SRAGEN, – Perayaan Idul Adha 1441 H menjadi istimewa bagi warga Dukuh Rejosari RT 003 Desa Gilirejobaru , Kecamatan Miri, Kabupaten Sragen, Jateng.

Qurban merupakan ritual ibadah yang dilaksanakan oleh umat Islam. Pada hari raya qurban, dilakukan penyembelihan binatang ternak untuk dipersembahkan kepada Allah. Qurban biasa dilakukan pada bulan Dzulhijjah pada penanggalan Islam, tepatnya pada Hari Raya Idul Adha tanggal 10 Dzulhijjah.

Pada Hari Raya Idul Adha, diperingati peristiwa qurban dimana Nabi Ibrahim bersedia untuk mengorbankan putranya untuk Allah SWT. Melihat pengorbanan Nabi Ibrahim, Allah kemudian mengganti anaknya dengan seekor domba ketika waktu penyembelihan tiba.(31 /7 /20).

Salah satu siswa UNS Aji Widi Kuncoro saat ditemui berita istana ia menjelaskan kami dari kampus UNS dengan organisasi daerah Genius in mahasiswa sragen, kita memutuskan untuk berkurban di dukuh rejosari 7 ekor kambing sudah menjadi keputusan temen temen siswa siswi yang tergabung di organisasi, iya mas kami kesini sekitar 16 orang berangkat dari rumah jam 9 lalu kumpul di alun-alun kota,, “agar kita paham tentang berorganisasi
pengetahuan mahasiswa bertambah tidak hanya dengan membaca buku dan mengikuti kuliah dari dosen tapi juga lewat organisasi. Jika buku dan kuliah mungkin lebih banyak teori, ikut organisasi pengetahuan yang diperoleh bisa lewat dunia nyata secara langsung. Orang-orang di organisasi biasanya sering menyusun kegiatan yang berhubungan dengan masyarakat, Tutur Aji.

Hal senada juga disampaikan salah satu siswi UNS Elen (20) tahun, dirinya menyampaikan kemarin kita juga mengajukan proposal kepada Bupati Sragen Ibu Yuni alkhamdulillh diberi dua ekor kambing dan lima ekor kambing dari kampus UNS jadi total yang kita berikan warga dukuh rejosari rt 03 sejumplah 7 ekor kambing, sebelum kami melaksanakan qurban disini, kami juga sudah survai kelokasi karena kami ingin memberikan manfaat untuk warga rejosari, komunitas kita baru aktif lagi 2 tahun terakhir ini, karena dari mantan ketua yang dulu sudah cocok dengan warga sini, Ucap Elen salah satu siswi pendidikan sosiologi antropologi.

Hal senada juga di sampaikan Akbar dan Kholid dari fakultas teknik UMS, ia menjelaskan kalau dari rekan-rekan  hari ini kita ada 3 ekor kambing untuk warga sini. 

Ditempat yang sama Sumadi S.Pd selaku ketua rt 03 saat ditemui berita istana dirinya menyampaikan. Harapan kami untuk kegiatan kegiatan sosial kemasyarakatan yang berupa korban ini Mas, Semoga bisa berlanjut untuk tahun-tahun yang akan datang dan berbanding sebagai pembelajaran warga masyarakat agar nantinya warga desa dan mampu untuk mengeluarkan korban Pada suatu hari raya Idul Adha ini“Kami mengapresiasi atas pelaksanaan Idhul Adha Tahun 1441 H/2020 M di dukuh rejosari, semoga kita bisa mengambil Hikmah ditengah Pandemi”.

“Ditengah Pandemi Covid-19 kita dilatih untuk membiasakan hidup sehat, semoga kita dijauhkan dari berbagai macam penyakit maupun Virus. Kebiasaan yang harus kita biasakan dan tingkatkan antara lain disiplin menggunakan masker, disipiln jaga jarak serta disipiln mencuci tangan”, ucapnya.

“Mudah-mudahan di tahun-tahun yang akan datang jumlah hewan Qurban bisa lebih banyak lagi mengingat jumlah warga rejosari juga banyak, selain itu akan menambah juga kemanfaatan bagi masyarakat dilingkungan Rejosari”, harap Sumadi.

Ditempat terpisah Juyanto S.Pd selaku Kadus I saat di konfirmasi melalui telepon awak media berita istana dirinya menjelaskan Pada Idul Adha tahun ini, hewan kurban di Dukuh Rejosari terkumpul 13 ekor kambing yang merupakan kurban 7 ekor dari UNS, 3 ekor dari UMS, 1 ekor dari Amin DPRD PKS, dan 2 ekor dari Suwarti yang merupakan warga rejosari, mudah-mudahan dengan adanya teman-teman dari genius Surakarta akan membawa semangat warga kami sehingga warga kami tergugah untuk mengeluarkan korban sendiri begitu karena saat ini kita masih menunggu dan menunggu kedatangan korban dari luar sehingga kedepannya dengan adanya kedatangan mereka yang di sini membawa semangat keluarga kami akan semangat untuk menjalankan korban sendiri, jawabnya. (Sito)

Editor : Umy

Terkait

Diduga Melakukan Selingkuh Oknum Lurah di Mangunan Bantul Digerebek Warganya 

Maret 7, 2021

BANTUL, – Merasa geram dengan perilaku Lurah yang diduga telah melakukan perselingkuhan dengan salah satu warga, malam tadi, Minggu (7/3/2021), sekitar 100 warga dari 6 dusun (cempluk, mangunan,...

Warganya Kesulitan Ekonomi Kepala Dusun Cuek Pengusaha Muda Turun Tangan Bantu Warga

Maret 1, 2021

  KOPI Jembrana – Kondisi Pandemi Covid-19 membuat banyak warga menjerit. Keadaan ekonomi yang sulit memunculkan tekanan psikologis masyarakat di mana-mana. Bencana kemanusiaan sedang...

Menhub Tinjau Tirtonadi, Gibran Tekankan Pembangunan Lantai 2 Terminal Akan Jadi Pusat Kegiatan Produktif

Februari 28, 2021

SOLO, - Menhub Tinjau Tirtonadi, Gibran Tekankan Pembangunan Lantai 2 Terminal Akan Jadi Pusat Kegiatan Produktif. Menhub Ir. Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan kerja di Kota Solo, Minggu...

Hadiri Peresmian Hunian Sementara (HUNTARA) Desa Tumanggal Rofik Kembali Berikan Bantuan

Februari 28, 2021

  Purbalingga (28/02) - Anggota DPR RI Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS) Rofik Hananto menghadiri acara peresmian Hunian Sementara (Huntara) yang terletak di Dusun Pagersari Desa...

Menhub Kunjungan di Solo, Gibran Minta Percepat Realisasi Elevasi Rel di Joglo

Februari 28, 2021

SOLO, - Menhub Kunjungan di Solo, Gibran Minta Percepat Realisasi Elevasi Rel di Joglo. Kunjungan Menhub Ir. Budi Karya Sumadi di Kota Solo, Minggu (28/2/2021) dimanfaatkan baik oleh jajaran Pemkot...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments