Berita Istana - Berita Terbaru dan Terpercaya

Sosialisasi Pencegahan Bahaya Narkoba Gelombang Kedua Berakhir

Rabu, 21 Okt 2020 | Penulis : Bonardon

Padang Lawas,-Sosialisasi pencegahan bahaya narkoba gelombang kedua dengan tema ” Asistensi Pembentukan Relawan Anti Narkoba” dilingkungan masyarakat oleh Lembaga Kajian Pemerintahan dan Pembangunan Indonesia (LKPPI) bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Padang Lawas, berakhir Rabu, 21 Okt 2020.

Lembaga Kajian Pemerintahan dan Pembangunan Indonesia (LKPP Indonesia) bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sumatera Utara bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Padanglawas (Palas) Sosialisasikan Pencegahan Bahaya Narkoba,“ Tema Asistensi Pembentukan Relawan Anti Narkoba di Lingkungan Masyarakat” tahun 2020.

Dalam kegiatan tersebut, awalnya Materi disampaikan langsung oleh Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Sumatera Utara (Sumut) selaku narasumber, dan diteruskan Heryanto M.PSi Kasi Cegah Narkoba, Ahmad Surya, Sebelumnya gelombang pertama berlangsung selama 3 hari, dari tanggal 16 – 19 peserta dari 6 Kecamatan Eks Sosa bertempat di Aula Hotel Syamsiah Sibuhuan, Rabu (21/10/20).

Sementara peserta gelombang kedua juga di ikuti 6 Kecamatan menghadirkan utusan 2 Orang perdesa, yakni Kecamatan Barumun, Barumun Baru, Ulu Barumun, Lubuk Barumun, Barumun Selatan dan Kecamatan Sosopan berlangsung dari tanggal 19-21, hari ini dan besok tanggal 22 dilanjutkan Gelombang ke tiga.

Salahsatu Panitia Kegiatan Bang Adun kepada Awak Media, mengatakan tujuan kegiatan ini untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bahaya narkoba, karena sebagian besar korban narkoba itu para generasi muda dimana mereka sebagai generasi penerus, sehingga perlu antisipasi dari sejak dini, ujarnya.

“Kegiatan ini merupakan wujud perhatian dari pemerintah dalam upaya menanggulangi masalah narkoba, karena ini tidak saja menjadi tugas pemerintah, tetapi diperlukan peran aktif seluruh komponen masyarakat”, jelasnya.

Dikatakannya, sosialisasi melibatkan Masyarakat, Aparat Desa dan Kepala Desa menindak lanjuti UU no. 35 tahun 2009 tentang Narkoba dan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Nomor 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa dalam lampiran II tentang Sistematika Contoh-Contoh Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2020.

Lebih lanjut Adun menerangkan, Pada poin Permendes menyebutkan bahwa penggunaan dana desa untuk pencegahan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba antara lain melalui kegiatan keagamaan, penyuluhan tentang bahaya narkoba, pagelaran festival seni dan budaya, olah raga /aktivitas sehat, pelatihan relawan penggiat atau satgas anti narkoba, penyebaran informasi melalui banner spanduk baliho poster brosur, kegiatan P4GN dalam mewujudkan Desa Bersinar, katanya.

Meskipun dalam masa pandemi Covid-19 upaya Pencegahan Narkoba yang dilakukan sejak dini sangatlah penting, tentunya peran orang tua, keluarga dan juga peran peserta yang hadir saat ini sangatlah besar bagi pencegahan penanggulangan terhadap narkoba.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan ini para peserta mampu merasakan bahwa kegiatan sosialisasi ini sangat penting sehingga peserta yang hadir memiliki wawasan dan pemahaman tentang narkoba untuk membentengi dirinya sendiri dan mampu untuk menyebarkan informasi ini kembali di wilayah desanya masing-masing, sehingga informasi tentang bahaya narkoba tidak putus sampai disini saja,” ucapnya.(Bonardon ).

Terkait

Presiden: Lakukan Pembangunan Pertanian Dengan Skala yang Lebih Luas

Januari 11, 2021

JAKARTA --| Presiden: Lakukan Pembangunan Pertanian dengan Skala yang Lebih Luas. Pada 11 Januari 2021 Presiden Jokowi saat meresmikan Pembukaan Rakernas Pembangunan Pertanian Tahun 2021, Senin...

BABINSA BERI WASBANG SECARA VIRTUAL

Oktober 26, 2020

Boyolali,- Mengingat pentingnya wawasan kebangsaan bagi siswa, juga kondisi yang tidak memungkinkan untuk melangsungkan kegiatan belajar mengajar dengan bertatap muka, saat ini Babinsa Koramil...

Dirlantas Polda Metro Jaya Siapkan Pos Pengamanan Saat Cuti Bersama

Oktober 25, 2020

Jakarta| Dirlantas Polda Metro Jaya siapkan Sebanyak 15 pos pengamanan disiapkan Polda Metro Jaya saat libur cuti bersama. Titik posko tersebar di jalan tol dan beberapa titik jalan...

Oknum Polri Berpangkat Kompol Jadi Kurir Narkotika

Oktober 25, 2020

Pekanbaru, |Dirresnarkoba Polda Riau Pengungkapan kasus narkoba jenis sabu yang melibatkan anggota Polri dengan barang bukti sebanyak 16 kilogram, dan mengamankan dua tersangka, pengungkapan...

Pemdes Arse Simatorkis Tentukan Titik Rencana Pembangunan Jembatan Gantung

Oktober 24, 2020

Sabtu, 24 Okt 2020 | Penulis : Bonardon Padang Lawas,-Pemerintahan Desa Arse (Pemdes) Simatorkis Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas (Palas) tentukan titik rencana pembangunan jembatan gantung...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments