Berita Istana - Berita Terbaru dan Terpercaya

Sosialisasi Pencegahan Bahaya Narkoba Gelombang Kedua Berakhir

Rabu, 21 Okt 2020 | Penulis : Bonardon

Padang Lawas,-Sosialisasi pencegahan bahaya narkoba gelombang kedua dengan tema ” Asistensi Pembentukan Relawan Anti Narkoba” dilingkungan masyarakat oleh Lembaga Kajian Pemerintahan dan Pembangunan Indonesia (LKPPI) bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Padang Lawas, berakhir Rabu, 21 Okt 2020.

Lembaga Kajian Pemerintahan dan Pembangunan Indonesia (LKPP Indonesia) bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sumatera Utara bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Padanglawas (Palas) Sosialisasikan Pencegahan Bahaya Narkoba,“ Tema Asistensi Pembentukan Relawan Anti Narkoba di Lingkungan Masyarakat” tahun 2020.

Dalam kegiatan tersebut, awalnya Materi disampaikan langsung oleh Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Sumatera Utara (Sumut) selaku narasumber, dan diteruskan Heryanto M.PSi Kasi Cegah Narkoba, Ahmad Surya, Sebelumnya gelombang pertama berlangsung selama 3 hari, dari tanggal 16 – 19 peserta dari 6 Kecamatan Eks Sosa bertempat di Aula Hotel Syamsiah Sibuhuan, Rabu (21/10/20).

Sementara peserta gelombang kedua juga di ikuti 6 Kecamatan menghadirkan utusan 2 Orang perdesa, yakni Kecamatan Barumun, Barumun Baru, Ulu Barumun, Lubuk Barumun, Barumun Selatan dan Kecamatan Sosopan berlangsung dari tanggal 19-21, hari ini dan besok tanggal 22 dilanjutkan Gelombang ke tiga.

Salahsatu Panitia Kegiatan Bang Adun kepada Awak Media, mengatakan tujuan kegiatan ini untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bahaya narkoba, karena sebagian besar korban narkoba itu para generasi muda dimana mereka sebagai generasi penerus, sehingga perlu antisipasi dari sejak dini, ujarnya.

“Kegiatan ini merupakan wujud perhatian dari pemerintah dalam upaya menanggulangi masalah narkoba, karena ini tidak saja menjadi tugas pemerintah, tetapi diperlukan peran aktif seluruh komponen masyarakat”, jelasnya.

Dikatakannya, sosialisasi melibatkan Masyarakat, Aparat Desa dan Kepala Desa menindak lanjuti UU no. 35 tahun 2009 tentang Narkoba dan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Nomor 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa dalam lampiran II tentang Sistematika Contoh-Contoh Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2020.

Lebih lanjut Adun menerangkan, Pada poin Permendes menyebutkan bahwa penggunaan dana desa untuk pencegahan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba antara lain melalui kegiatan keagamaan, penyuluhan tentang bahaya narkoba, pagelaran festival seni dan budaya, olah raga /aktivitas sehat, pelatihan relawan penggiat atau satgas anti narkoba, penyebaran informasi melalui banner spanduk baliho poster brosur, kegiatan P4GN dalam mewujudkan Desa Bersinar, katanya.

Meskipun dalam masa pandemi Covid-19 upaya Pencegahan Narkoba yang dilakukan sejak dini sangatlah penting, tentunya peran orang tua, keluarga dan juga peran peserta yang hadir saat ini sangatlah besar bagi pencegahan penanggulangan terhadap narkoba.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan ini para peserta mampu merasakan bahwa kegiatan sosialisasi ini sangat penting sehingga peserta yang hadir memiliki wawasan dan pemahaman tentang narkoba untuk membentengi dirinya sendiri dan mampu untuk menyebarkan informasi ini kembali di wilayah desanya masing-masing, sehingga informasi tentang bahaya narkoba tidak putus sampai disini saja,” ucapnya.(Bonardon ).

Terkait

Terima Uang Sogokan Ratusan Juta Ditresnarkoba Bebaskan AMR Tumbalkan RUS

April 12, 2021

KALTENG - Penangkapan terhadap berinisial RUS oleh Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Kalteng, disoal pihak keluarga karena dianggap janggal. ‎ Menurut Triyono, kepada media .........

Presiden Jokowi Resmikan Bandara Toraja

Maret 18, 2021

TORAJA_Dalam kesempatan yang sama, Presiden turut meresmikan secara virtual Bandara Pantar di Nusa Tenggara Timur_ Peningkatan aksesibilitas dan konektivitas transportasi penting artinya untuk...

Diduga Melakukan Selingkuh Oknum Lurah di Mangunan Bantul Digerebek Warganya 

Maret 7, 2021

BANTUL, – Merasa geram dengan perilaku Lurah yang diduga telah melakukan perselingkuhan dengan salah satu warga, malam tadi, Minggu (7/3/2021), sekitar 100 warga dari 6 dusun (cempluk, mangunan,...

Warganya Kesulitan Ekonomi Kepala Dusun Cuek Pengusaha Muda Turun Tangan Bantu Warga

Maret 1, 2021

  KOPI Jembrana – Kondisi Pandemi Covid-19 membuat banyak warga menjerit. Keadaan ekonomi yang sulit memunculkan tekanan psikologis masyarakat di mana-mana. Bencana kemanusiaan sedang...

Menhub Tinjau Tirtonadi, Gibran Tekankan Pembangunan Lantai 2 Terminal Akan Jadi Pusat Kegiatan Produktif

Februari 28, 2021

SOLO, - Menhub Tinjau Tirtonadi, Gibran Tekankan Pembangunan Lantai 2 Terminal Akan Jadi Pusat Kegiatan Produktif. Menhub Ir. Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan kerja di Kota Solo, Minggu...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments