Berita Istana - Berita Terbaru dan Terpercaya

Perbaiki Jalur Evakuasi Gunung Merapi, Ganjar Kucurkan Rp 14 Miliar

KLATEN – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengucurkan bantuan Rp 14 miliar untuk mengatasi jalur evakuasi Gunung Merapi di kecamatan Kemalang Klaten yang hancur. Di kecamatan tersebut ada tiga jalur evakuasi yang rusak, yakni di desa Tegalmulyo, desa Tlogowatu dan desa Sidorejo.

Di desa Tegalmulyo kerusakan terjadi di jalan utama desa tersebut sampai Pasar Suworono di desa Tlogowatu. Itu merupakan jalur evakuasi sisi barat Gunung Merapi. Namun kerusakan paling parah terdapat di dusun Deles desa Sidorejo kecamatan Kemalang. Karena selama ini jalur evakuasi tersebut sekaligus jadi jalan utama pada penambang galian C.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, langsung menuju tiga titik jalur evakuasi tersebut usai mengecek aktivitas Gunung Merapi di pos pantau Balerante Klaten, Rabu (8/7).

“Kita mau cek jalur evakuasinya. Karena kemarin diusulkan Bantuan Pemprov. Dan kemarin kita masih refokusing COVID,” kata Ganjar.

Meski berjarak sekitar 10 km dari Pos Pantau Balerante, namun untuk sampai di Sidorejo Ganjar memerlukan waktu hampir setengah jam. Selain tanjakannya cukup tinggi, kondisi jalannya juga sudah hancur karena jadi perlintasan truk penambang.

“Wah kalau jalur evakuasinya dijadikan satu dengan jalur truk-truk ini ya rugi. Yang mau kita bantu jalan ini? Janganlah. Ribuan truk kan yang lewat sini? ” kata Ganjar kepada Kepala Dinas PU Jateng, Hanung Triono.

Jalan yang membuat Ganjar enggan membantu tersebut adalah jalur evakuasi di desa Sidorejo, yang juga bersisian dengan Kali Kuning, salah satu jalur wedus gembel dan jalur penambang pasir. Untuk jalur tersebut diserahkan ke kabupaten Klaten.

Hanung lantas menjelaskan untuk jalur evakuasi yang akan dibantu Pemprov adalah jalur evakuasi di desa Tegalmulyo sampai Tlogowatu. Total sekitar 5 km panjang jalan yang akan dibantu Pemprov. Anggaran yang dikucurkan untuk pembangunan jalan tersebut senilai Rp 14 miliar.

“Insyaallah, ini sampai Juli, belanja akan kita keluarkan,” kata Ganjar.

Namun setelah mengecek kondisi jalan di desa Tegalmulyo sampai Tlogowatu, Ganjar menemukan jalan yang lebih parah kerusakannya, yaitu di desa Tangkil. Ganjar pun memerintahkan agar jalur tersebut juga diperbaiki.

Editor : Arw

Terkait

Terima Uang Sogokan Ratusan Juta Ditresnarkoba Bebaskan AMR Tumbalkan RUS

April 12, 2021

KALTENG - Penangkapan terhadap berinisial RUS oleh Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Kalteng, disoal pihak keluarga karena dianggap janggal. ‎ Menurut Triyono, kepada media .........

Presiden Jokowi Resmikan Bandara Toraja

Maret 18, 2021

TORAJA_Dalam kesempatan yang sama, Presiden turut meresmikan secara virtual Bandara Pantar di Nusa Tenggara Timur_ Peningkatan aksesibilitas dan konektivitas transportasi penting artinya untuk...

Diduga Melakukan Selingkuh Oknum Lurah di Mangunan Bantul Digerebek Warganya 

Maret 7, 2021

BANTUL, – Merasa geram dengan perilaku Lurah yang diduga telah melakukan perselingkuhan dengan salah satu warga, malam tadi, Minggu (7/3/2021), sekitar 100 warga dari 6 dusun (cempluk, mangunan,...

Warganya Kesulitan Ekonomi Kepala Dusun Cuek Pengusaha Muda Turun Tangan Bantu Warga

Maret 1, 2021

  KOPI Jembrana – Kondisi Pandemi Covid-19 membuat banyak warga menjerit. Keadaan ekonomi yang sulit memunculkan tekanan psikologis masyarakat di mana-mana. Bencana kemanusiaan sedang...

Menhub Tinjau Tirtonadi, Gibran Tekankan Pembangunan Lantai 2 Terminal Akan Jadi Pusat Kegiatan Produktif

Februari 28, 2021

SOLO, - Menhub Tinjau Tirtonadi, Gibran Tekankan Pembangunan Lantai 2 Terminal Akan Jadi Pusat Kegiatan Produktif. Menhub Ir. Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan kerja di Kota Solo, Minggu...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments