Berita Istana - Berita Terbaru dan Terpercaya

Menggelegar Pelantikan Garda Relawan Indonesia (GRI) Di Gunung Tidar

Menggelegar Pelantikan Garda Relawan Indonesia (GRI) Di Gunung Tidar

MAGELANG, -Sebanyak 165 orang mengikuti Pelantikan Garda Relawan Indonesia ( GRI)bertempat di Kel Magersari ,Kecamatan Magelang Selatan Kota Magelang Jawa Tengah Sabtu (17/8)

Dalam Sambutanya Ketua Garda Relawan Indonesia (GRI) Hery Prawoto ,membacacakan keputusan Ketua Garda Relawan Indonesia Kota Magelang nomer :36V17/ GRI/IX/2020 Tentang Pembentukan Tim SEARCH AND RESCUE/SAR ( tim pencarian dan pertolongan) Unit Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang.

“Ketua Garda Relawan Indonesia,a.Menimbang bencana adalah rangkaian peristiwa yang menganggu dan mengacam kehidupan dan penghidupan masyarakat yang di sebabkan,baik oleh faktor alam atau non alam maupun faktor manusia,sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia kerusakan lingkungan, kerugian harta benda dandampak psikologis yang secara langsung yang akan menghambat program pembangunan.

b.Bahwa wilayah kecamatan pakis adalah salah satu kecamatan yang setiap tahunya terkena bencana,baik bencana alam msupun non alam maupun ulah manusia,antara lain angin puting beliung,tanah longsor kebakaran bangunan msupun hutan,kecelakaan lalu lintas,orang hilang di gunung,orang jatuh ke jurang,dan korban lainya.

C. Bahwa berdasarkan peaptaran relawan bencana dari Wilayah Kecamatan Pakis,terdapat 65 ( enam puluh lima)orang yang menginginkan menjadi anggota Garda Relawan Indonesia yang berada di Wilayah Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang.

d. Bahwa berdasarkan pertimbangan sebagai mana di maksud pada huruf a,huruf b,c.Garda Relawan Indonesia Kota Magelang perlu membentuk Tim Search AND RESCUE (SAR)/ tim pencarian dan pertolongan Ibid Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang.

1. Undang Undang Nomer 24 tahun 2007 tentang penanggulangan bencana

2. Undang Undang Nomer 29 tahun 2014 tentang pencarian dan pertolongan.
3.Petaturan Pemerintah Nomer 21 tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana.

4. Peraturan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nasional
Nomer 17 tahun 2011 tentang Relawan Penanggulangan Bencana.

MEMUTUSKAN Menetapkan.KesatuTim Search AND RESCUE ( SAR)/Tim Pencarian dan Pertolongan Unit Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang

“GunugTidar sebuah gunung yang menjulang ditengah- tengah Kota Magelang tepatnya di Kelurahan Magersari ,Kecamatan Magelang Selatan Kota Magelang,Konon Oleh Masyarakat Jawa Gunung Tidar di Juluki sebagai pakunya tanah Jawa.

Menurutnya Gunung Tidar mempunyai mistis tersendiri,di sebelah utara Gunung Tidar masyarakat bisa membuat sumur untuk kepentingan keluarga sehari- hari,akan tetapi di sebelah Gunung selatan Gunung Tidar,seperti desa Banyurojo,Mertoyudan,Sukorejo,Kalinegoro,,tidak ada mata airnya sehingga masyarakat hanya mengandalkan PDAM.Selain itu Gunung Tidar mempunyai 3(tiga) makam yang sangat Kramat diantaranya malam Syikh Subakir,makam Kyisepanjang dan makam Kyiyai Semar tokoh pemayangan.ucapnya

“Ketua Dewan Penasehat Pusat (DPP) Yustina Sri Wahyuni ketika memberikan keterangan pers,menyampaikan kegiatan ini sudah ke 4 (emapat) kalinya kami sebagai Dewan Penasehat Pusat (DPP) Garda Relawan Indonesia (GRI)
Setiap ada momen kegiatan selalu kita agendakan di atas bukit Gunung Tidar Tutur Yustina

Saya ucapkan selamat kepada anggota baru 65 orang,yang telah hadir untuk mengikuti kegiatan pelantikan,walaupun, pelantikan ini berbeda dengan tahun sebelumya mengingat tahun 2020 ini adalah Pandemi Covid 19 maka semua kegiatan pelantikan ini harus mengikuti protokol kesehatan.Jaga jarak,cuci tangan,pakai masker.Ia juga mengatakan dari tahun ke tahun anggota Garda Relawan Indonesisa (GRI)
Terus bertambah.

“Menjadi relawan kami bisa mendaptkan teman bahkan keluarga baru di lokasi,kita bisa bertemu teman relawan untuk saling bertukar dan bercerita tentang pengalaman.Bukan tidak mungkin ada pintu rezeky yang terbuka di sana sungguh sangat nikmat bila kita bisa saling tolong
menolong.Ucap Yustina

“Sementara di tempat yang sama
Ketua Garda Relawan Indonesia (GRI) Hery Prastowo
Malam Minggu sangat indah seluruh anggota baru dan seluruh anggota tingkat DPP,Pengurus Devisi sebanyak 165 orang anggota Garda Relawan Indonesia (GRI) bisa hadir untuk di Lantik di atas Gunung Tidar yang sangat sakral.tambah Hery

“Dengan adanya pelantikan ini Garda Relawan Indonesia (GRI) sudah Resemi di daptarkan ke Kesbang Polinmas Kota Magelang dan ke Menkumham.Acara pelantikan di mulai pukul 19.00 – 23.00 wib.Kemudian di lanjutkan dengan pembaretan,dan Keramas dari sumber mata air dan minum air kelapa.
Tegas Hery

Turut hadir dalam
Dewan Penasehat Pusat ( DPP) Yustina SW.Ketua Garda Relawan Indonesia Heri Pratowo,Wakil ketua Edy dan Penasehat Sumarno ST.

Adapun berundak sebagsi insfektur upacara Ketua Garda Relawan Indonesia Hery Prawoto dan sebagai Komendan Upacara Daryanto. (Mrs) 

Editor : Arw

Terkait

Diduga Rekayasa Kasus, JPU Budi Atmoko Dilaporkan ke Komisi Kejaksaan

Januari 22, 2021

Diduga Rekayasa Kasus, JPU Budi Atmoko Dilaporkan ke Komisi Kejaksaan

1
Please leave a feedback on thisx
Jakarta –...

Presiden: Lakukan Pembangunan Pertanian Dengan Skala yang Lebih Luas

Januari 11, 2021

JAKARTA --| Presiden: Lakukan Pembangunan Pertanian dengan Skala yang Lebih Luas. Pada 11 Januari 2021 Presiden Jokowi saat meresmikan Pembukaan Rakernas Pembangunan Pertanian Tahun 2021, Senin...

BABINSA BERI WASBANG SECARA VIRTUAL

Oktober 26, 2020

Boyolali,- Mengingat pentingnya wawasan kebangsaan bagi siswa, juga kondisi yang tidak memungkinkan untuk melangsungkan kegiatan belajar mengajar dengan bertatap muka, saat ini Babinsa Koramil...

Dirlantas Polda Metro Jaya Siapkan Pos Pengamanan Saat Cuti Bersama

Oktober 25, 2020

Jakarta| Dirlantas Polda Metro Jaya siapkan Sebanyak 15 pos pengamanan disiapkan Polda Metro Jaya saat libur cuti bersama. Titik posko tersebar di jalan tol dan beberapa titik jalan...

Oknum Polri Berpangkat Kompol Jadi Kurir Narkotika

Oktober 25, 2020

Pekanbaru, |Dirresnarkoba Polda Riau Pengungkapan kasus narkoba jenis sabu yang melibatkan anggota Polri dengan barang bukti sebanyak 16 kilogram, dan mengamankan dua tersangka, pengungkapan...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments