Berita Istana - Berita Terbaru dan Terpercaya

Dukung Ketahanan Pangan Nasional, Bupati Rocky Panen 50 Hektar Jagung di Aceh Timur

Dukung Ketahanan Pangan Nasional, Bupati Rocky Panen 50 Hektar Jagung di Aceh Timur

Aceh Timur — Bupati Aceh Timur melakukan Panen Raya Jagung Hibrida seluas 50 hektar di Desa Krueng Tuan, Desa Seumanah Jaya, Kabupaten Aceh Timur, Kamis (8/10/2020).

Hadir antara lain Kapolres, Dandim 0104/Aceh Timur, Kajari, Ketua DPRK, Staf Ahli Bupati, Para Asisten, pimpinan OPD, unsur muspika, penyuluh dan tokoh tani.

Sekretaris Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Aceh Timur, Erwin Etlizar, dalam laporannya menyebutkan, Kecamatan Ranto Peureulak masuk dalam kawasan pengembangan sektor pertanian jenis padi, jagung dan kedelai (pajale).

“Dalam penanaman jagung, kita mengarahkan petani untuk melakukan penanaman secara bertahap, sehingga masa panen juga berkesinambungan dari satu titik ke titik lain,” ujar Erwin seraya menyebutkan, jagung yang dipanen kali jenis varietas Bisi-18 dan Pioner.

Bupati Aceh Timur, H. Hasballah HM Thaib, SH, dalam arahannya berharap kawasan tersebut benar-benar menjadi daerah penghasil pertanian, sehingga terus mendukung ketahanan pangan nasional. “Soal pertanian kita selalu surplus. Muda-mudahan kita selalu surplus,” katanya.

Disisi lain, bupati juga mengaku akan mengerahkan alat berat untuk membangun berbagai fasilitas umum seperti jalan tani di sejumlah titik di Desa Seumanah Jaya, sehingga pertumbuhan ekonomi lebih berkembang.

Menurutnya, pasca panen jagung juga diharapkan petani melakukan penanaman padi jenis serang. Untuk mendukung penanaman padi, nanti pihaknya akan menurunkan tim penyuluhan guna dibangun jaringan irigasi pompanisasi.

“Soal pertanian kita fokus, karena mayoritas masyarakat di daerah pedalaman fokus di sektor pertanian,” kata Bupati Aceh Timur seraya berharap dinas terkait untuk memanfaatkan lahan-lahan tidur.

Terkait

Warganya Kesulitan Ekonomi Kepala Dusun Cuek Pengusaha Muda Turun Tangan Bantu Warga

Maret 1, 2021

  KOPI Jembrana – Kondisi Pandemi Covid-19 membuat banyak warga menjerit. Keadaan ekonomi yang sulit memunculkan tekanan psikologis masyarakat di mana-mana. Bencana kemanusiaan sedang...

Menhub Tinjau Tirtonadi, Gibran Tekankan Pembangunan Lantai 2 Terminal Akan Jadi Pusat Kegiatan Produktif

Februari 28, 2021

SOLO, - Menhub Tinjau Tirtonadi, Gibran Tekankan Pembangunan Lantai 2 Terminal Akan Jadi Pusat Kegiatan Produktif. Menhub Ir. Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan kerja di Kota Solo, Minggu...

Hadiri Peresmian Hunian Sementara (HUNTARA) Desa Tumanggal Rofik Kembali Berikan Bantuan

Februari 28, 2021

  Purbalingga (28/02) - Anggota DPR RI Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS) Rofik Hananto menghadiri acara peresmian Hunian Sementara (Huntara) yang terletak di Dusun Pagersari Desa...

Menhub Kunjungan di Solo, Gibran Minta Percepat Realisasi Elevasi Rel di Joglo

Februari 28, 2021

SOLO, - Menhub Kunjungan di Solo, Gibran Minta Percepat Realisasi Elevasi Rel di Joglo. Kunjungan Menhub Ir. Budi Karya Sumadi di Kota Solo, Minggu (28/2/2021) dimanfaatkan baik oleh jajaran Pemkot...

Gibran Salurkan 500 Paket Sembako ke DPP Pasoepati, Maryadi Gondrong: Kami Siap Dukung Kebijakan Olahraga

Februari 28, 2021

SOLO, -Gibran Salurkan 500 Paket Sembako ke DPP Pasoepati, Maryadi Gondrong: Kami Siap Dukung Kebijakan Olahraga . Gibran Rakabuming Raka menyambangi Sekretariat sementara DPP Pasoepati, di Laweyan....

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments