Berita Istana - Berita Terbaru dan Terpercaya

Dukung Ketahanan Pangan Nasional, Bupati Rocky Panen 50 Hektar Jagung di Aceh Timur

Dukung Ketahanan Pangan Nasional, Bupati Rocky Panen 50 Hektar Jagung di Aceh Timur

Aceh Timur — Bupati Aceh Timur melakukan Panen Raya Jagung Hibrida seluas 50 hektar di Desa Krueng Tuan, Desa Seumanah Jaya, Kabupaten Aceh Timur, Kamis (8/10/2020).

Hadir antara lain Kapolres, Dandim 0104/Aceh Timur, Kajari, Ketua DPRK, Staf Ahli Bupati, Para Asisten, pimpinan OPD, unsur muspika, penyuluh dan tokoh tani.

Sekretaris Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Aceh Timur, Erwin Etlizar, dalam laporannya menyebutkan, Kecamatan Ranto Peureulak masuk dalam kawasan pengembangan sektor pertanian jenis padi, jagung dan kedelai (pajale).

“Dalam penanaman jagung, kita mengarahkan petani untuk melakukan penanaman secara bertahap, sehingga masa panen juga berkesinambungan dari satu titik ke titik lain,” ujar Erwin seraya menyebutkan, jagung yang dipanen kali jenis varietas Bisi-18 dan Pioner.

Bupati Aceh Timur, H. Hasballah HM Thaib, SH, dalam arahannya berharap kawasan tersebut benar-benar menjadi daerah penghasil pertanian, sehingga terus mendukung ketahanan pangan nasional. “Soal pertanian kita selalu surplus. Muda-mudahan kita selalu surplus,” katanya.

Disisi lain, bupati juga mengaku akan mengerahkan alat berat untuk membangun berbagai fasilitas umum seperti jalan tani di sejumlah titik di Desa Seumanah Jaya, sehingga pertumbuhan ekonomi lebih berkembang.

Menurutnya, pasca panen jagung juga diharapkan petani melakukan penanaman padi jenis serang. Untuk mendukung penanaman padi, nanti pihaknya akan menurunkan tim penyuluhan guna dibangun jaringan irigasi pompanisasi.

“Soal pertanian kita fokus, karena mayoritas masyarakat di daerah pedalaman fokus di sektor pertanian,” kata Bupati Aceh Timur seraya berharap dinas terkait untuk memanfaatkan lahan-lahan tidur.

Terkait

Apresiasi Pemkab Malang, KD Menyebutkan Presiden Jokowi Akan Turun Langsung ke Lokasi Gempa Malang

April 25, 2021

Jawa Timur, -Apresiasi Pemkab Malang, KD Menyebutkan Presiden Jokowi Akan Turun Langsung ke Lokasi Gempa Malang. Anggota DPR RI Dapil V Malang Raya Fraksi PDIP yang juga merupakan Diva Indonesia,...

Kapolri: Polri Beri Kekuatan Terbaik Bantu Cari KRI Nanggala 402

April 24, 2021

BALI- Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan, Polri akan memberikan yang terbaik dalam upaya pencarian kapal selam KRI Nanggala 402 yang hilang di perairan Bali. Saat ini, kata Sigit, Polri...

Terima Uang Sogokan Ratusan Juta Ditresnarkoba Bebaskan AMR Tumbalkan RUS

April 12, 2021

KALTENG - Penangkapan terhadap berinisial RUS oleh Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Kalteng, disoal pihak keluarga karena dianggap janggal. ‎ Menurut Triyono, kepada media .........

Presiden Jokowi Resmikan Bandara Toraja

Maret 18, 2021

TORAJA_Dalam kesempatan yang sama, Presiden turut meresmikan secara virtual Bandara Pantar di Nusa Tenggara Timur_ Peningkatan aksesibilitas dan konektivitas transportasi penting artinya untuk...

Diduga Melakukan Selingkuh Oknum Lurah di Mangunan Bantul Digerebek Warganya 

Maret 7, 2021

BANTUL, – Merasa geram dengan perilaku Lurah yang diduga telah melakukan perselingkuhan dengan salah satu warga, malam tadi, Minggu (7/3/2021), sekitar 100 warga dari 6 dusun (cempluk, mangunan,...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments