Berita Istana - Berita Terbaru dan Terpercaya

Warung Hek Sak-Sake (ITA) Depan Rumah Sakit Moewardi Jebres

Rabu 13 Oktober 2019| Editor : Warsito Nusantoro Pamungkas

Solo,–Belum lengkap rasanya bila liburan ke Solo tanpa nongkrong di warung angkringan. Obrolan hangat bersama sahabat, ditemani jajanan dan minuman hangat memang paling pas, apalagi penjualnya ramah tamah murah senyum Sebut Saja Namanya Mbak Sak Sake, (ITA) Tepatnya depan rumah sakit Moewardi Jebres solo.

Mengeksplorasi masakan khas Kota Solo, itu mirip dengan menyelam di Raja Ampat, Papua. Nggak ada habisnya! Penuh sensasi dan bikin ketagihan.

Menteri Pariwisata Arief Yahya pun mengingatkan kepada para wisatawan yang datang liburan ke Solo, agar segera menggali kekayaan kuliner di salah satu kota pusat peradaban Jawa Tengah tersebut.

“Nanti jadi malas pulang ke Jakarta, Kalimantan atau balik ke tempat kerja. Ketagihan kuliner Solo,” kelakar Menpar dalam keterangan persnya kepada awak media.

Bagaimana tidak? Sudah rasanya selangit, harganya murah meriah. Dua kelebihan yang sulit tertandingi oleh daerah manapun, bayangkan kalau makan minum Dikalimantan sekali makan harus merogoh goceng Rp, 50,000 , lha lha ini makan kenyang cuma habis Rp, 8000. Ucapnya

Warung HIK, alias warung angkringan ( Mbak Sak Sake) ITA kebetulan malam ini kami sedang menunggu putra saya yang sedang oprasi di RS Moewardi Jebres solo, selesai oprasi saya keluar mencari secangkir kopi, sambil makan pisang goreng hangat, sambil menenangkan fikiran, yang seharian tegang dan panik.

Namanya HIK, entah darimana asal usul nama itu, tapi semua wong Solo sudah paham apa itu HIK. HIK konon singkatan dari Hidangan Istimewa Kampung. HIK dalam bahasa Jawa bisa juga berarti tempat duduk di emperan samping gapura kampung yang merupakan cikal bakal wedangan HIK yang selalu menempel di emperan.

HIK itu semacam warung angkringan, yang tersebar di ratusan titik lokasi di Solo. Biasanya mengambil lokasi di dekat perempatan, pertigaan, emperan jalan, dengan tenda warna orange atau biru yang tidak tembus guyuran hujan.

Ada lampu teplok, lampu minyak tanah dengan kaca penghalau angin. Si penjual duduk di antara dua gerobok kiri kanan, tapi mbak yang satu ini berjualan hanya diatas meja dan dikelilingi pembeli yang tampan rupanya banyak canda tawa diwarung HIK Sak Sake, satu sisi ada anglo, tempat membakar dengan batu arang hitam. Satu sisi lagi, biasanya untuk menanak air minum, untuk membuat wedang panas.

Nama lain HIK juga Wedangan. Menu wedangan yang populer adalah sego kucing, berupa nasi satu kepal yang dibungkus daun pisang, dengan sesisir ikan bandeng dan sambel.

Presiden Joko Widodo dan hampir semua pejabat di Solo, suka nongkrong di Wedangan HIK. (Wnp)

Terkait

Apresiasi Pemkab Malang, KD Menyebutkan Presiden Jokowi Akan Turun Langsung ke Lokasi Gempa Malang

April 25, 2021

Jawa Timur, -Apresiasi Pemkab Malang, KD Menyebutkan Presiden Jokowi Akan Turun Langsung ke Lokasi Gempa Malang. Anggota DPR RI Dapil V Malang Raya Fraksi PDIP yang juga merupakan Diva Indonesia,...

Kapolri: Polri Beri Kekuatan Terbaik Bantu Cari KRI Nanggala 402

April 24, 2021

BALI- Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan, Polri akan memberikan yang terbaik dalam upaya pencarian kapal selam KRI Nanggala 402 yang hilang di perairan Bali. Saat ini, kata Sigit, Polri...

Terima Uang Sogokan Ratusan Juta Ditresnarkoba Bebaskan AMR Tumbalkan RUS

April 12, 2021

KALTENG - Penangkapan terhadap berinisial RUS oleh Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Kalteng, disoal pihak keluarga karena dianggap janggal. ‎ Menurut Triyono, kepada media .........

Presiden Jokowi Resmikan Bandara Toraja

Maret 18, 2021

TORAJA_Dalam kesempatan yang sama, Presiden turut meresmikan secara virtual Bandara Pantar di Nusa Tenggara Timur_ Peningkatan aksesibilitas dan konektivitas transportasi penting artinya untuk...

Diduga Melakukan Selingkuh Oknum Lurah di Mangunan Bantul Digerebek Warganya 

Maret 7, 2021

BANTUL, – Merasa geram dengan perilaku Lurah yang diduga telah melakukan perselingkuhan dengan salah satu warga, malam tadi, Minggu (7/3/2021), sekitar 100 warga dari 6 dusun (cempluk, mangunan,...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments