Berita Istana - Berita Terbaru dan Terpercaya

Warga Desa Tonggara, Kedungbanteng,Tegal Mengeluhkan Jalan Desa Yang Tak Pernah di Perbaiki Oleh Desa

Warga Desa Tonggara, Kedungbanteng,Tegal Mengeluhkan Jalan Desa Yang Tak Pernah di Perbaiki Oleh Desa

Kamis 9 Januari 2020
Penulis : Bowo
Editor: Umy

BERITAistana.com

TEGAL–Pengelolaan dana desa di
Dukuh Marga Jaya RT 21/08 Desa Tonggara, Kecamatan Kedung Banteng, Kabupaten Tegal Provinsi Jateng, diduga tahap 2016-2017-2019 hingga pertama tahun 2019, kini menarik perhatian banyak kalangan warga masyarakat setempat.

KANTOR BALAI DESA TONGGARAN

Kondisi ini muncul di tengah banyaknya kasus dugaan masalah dana desa di beberapa daerah yang disorot oleh media online BERITAistana.com, akuntabilitas dan keterbukaan pengelolaan dana desa di Desa Tonggara itu pun dinilai sangat minim. Karena, disinyalir kepala desa setempat tidak transparan mengenai pengelolaan dana desa ke publik.

Chanel YouTube Warsito Sragen 

Sementara warga Desa Tonggara yang tidak mau disebutkan namanya ketika dijumpai awak media BERITAistana.com ini menjelaskan, pengelolaan dana desa (DD) di Desa Tonggara justru dikerjakan orang dari luar desa, untuk warga desa sendiri malah disuruh kerja bakti, selama ada anggaran dana desa di dukuh marga RT 21/08 baru sekali diperbaiki namun belum ada dua bulan jalan sudah hancur dan sampai saat ini belum diperbaiki , kondisi jalan rusak parah seperti sawah yang siap ditanami padi, tuturnya.

Hal itu merupakan bagian dari program padat karya tunai yang saat ini tengah digenjot pemerintah di wilayah pedesaan. “Mulai tahun ini 30% dari dana desa harus dialokasikan untuk membayar upah pekerja. Dengan begitu, masyarakat ada pendapatan tambahan, daya beli juga meningkat.

Namun nasip malang yang di alami warga marga berbeda, justru pengelolaan dana desa tidak diberi upah, namun sebaliknya warga disuruh kerja bakti/gotong royang, tegasnya.

Disisi lain tokoh masyarakat juga menjelaskan “Sekarang eranya transparansi, semua proses perencanaan dan penganggaran, publik berhak untuk mengetahui. Sehingga perilaku dan kinerja aparatur desa gaya lama yang sok otoriter, kaku dan tidak transparan harus mulai ditinggalkan,” ungkap beberapa warga yang sedang ditemui awak media ini.

Hal itu juga telah diatur dalam Peraturan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Permendagri) Nomor 46 Tahun 2016 tentang Laporan Kepala Desa Pasal 10 ayat 1 sampai dengan Pasal 4 dan Permendes PDTT Nomor 19 Tahun 2017 tentang Penetapan Prioritas Penggunaan Dana Desa dalam Bab III Pasal 4 ayat 5.

 

JALAN DESA TONGGARAN YANG BELUM PERNAH DIPERBAIKI

“Bahwa dana desa itu bukan miliknya kepala desa atau perangkat desa, tetapi miliknya masyarakat desa, yang dalam penggunaannya harus melibatkan seluruh unsur masyarakat desa.

Selain itu, transparansi dalam pengelolaan dana desa harus dilakukan kepala desa bersama pendamping untuk mengantisipasi terjadinya kecurangan.

“Kami minta semua pihak terkait agar dapat melakukan pengawasan secara optimal terhadap penggunaan dana desa di desa Tonggara tersebut,” tegasnya.

KANTOR BALAI DESA TONGGARAN

Sementara Kepala Desa Tonggara saat dihubungi awak media BERITAistana.com melalui aplikasi WhatApp menjelaskan. Kalau itu memang masih jalan Desa, tapi jalan tersebut yang menghubungkan ke Tonggara, kedungbanteng, dan perhutani, jadi jalan itu yang saya ajukan biar menjadi jalan kabupaten. Tapi saat ini memang masih jalan desa Tonggara, Kepala desa Tonggara ketika dikonfirmasi juga menanyakan keberadaan media ini. “Tim apa kantornya dimana …sudah berbadan hukum belum…ini gambar jalan yang manah” balasnya melalui aplikasi WhatApp.tutupnya.

Terkait

Apresiasi Pemkab Malang, KD Menyebutkan Presiden Jokowi Akan Turun Langsung ke Lokasi Gempa Malang

April 25, 2021

Jawa Timur, -Apresiasi Pemkab Malang, KD Menyebutkan Presiden Jokowi Akan Turun Langsung ke Lokasi Gempa Malang. Anggota DPR RI Dapil V Malang Raya Fraksi PDIP yang juga merupakan Diva Indonesia,...

Kapolri: Polri Beri Kekuatan Terbaik Bantu Cari KRI Nanggala 402

April 24, 2021

BALI- Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan, Polri akan memberikan yang terbaik dalam upaya pencarian kapal selam KRI Nanggala 402 yang hilang di perairan Bali. Saat ini, kata Sigit, Polri...

Terima Uang Sogokan Ratusan Juta Ditresnarkoba Bebaskan AMR Tumbalkan RUS

April 12, 2021

KALTENG - Penangkapan terhadap berinisial RUS oleh Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Kalteng, disoal pihak keluarga karena dianggap janggal. ‎ Menurut Triyono, kepada media .........

Presiden Jokowi Resmikan Bandara Toraja

Maret 18, 2021

TORAJA_Dalam kesempatan yang sama, Presiden turut meresmikan secara virtual Bandara Pantar di Nusa Tenggara Timur_ Peningkatan aksesibilitas dan konektivitas transportasi penting artinya untuk...

Diduga Melakukan Selingkuh Oknum Lurah di Mangunan Bantul Digerebek Warganya 

Maret 7, 2021

BANTUL, – Merasa geram dengan perilaku Lurah yang diduga telah melakukan perselingkuhan dengan salah satu warga, malam tadi, Minggu (7/3/2021), sekitar 100 warga dari 6 dusun (cempluk, mangunan,...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Imam
Imam
1 year ago

Awasi trs bos kl bisa ada tim kpk biar pada ke tangkep semua sbb saya jg ada kecurigaan korupsi masal
Kadang mereka jg semena2 main sabotase contoh si A dpt bantuan tp kl pihak desa kurang suka bisa di geser…..
Moga2 aja aparat desaku ngga se hina itu….
Trs ada lagi berita penggalian di desa domba yg lwt desa tonggara padahal warga jg ngga setuju lantaran jln yg kemarin di lalui waktu pembangunan tol aja masih rusak sekarang malah di lalui lg ini keputusan sepihak yg memikirkan kantongnya sendiri
Moga2 mereka di beri hidayah

Karjo
Karjo
1 year ago

Itu jalan sudah lama ngga di benerin masyarakat marga jaya kl musim hujan susah kl mo lewt eeeh malah bikin jalan baru di pedukuhan karang mangu lor yg kabarnya buat jln kaplingan kan lucu itu brarti buat jln pribadi unruk bisnis tp masyarakat umumnya ngga di perhatikan