Berita Istana - Berita Terbaru dan Terpercaya

Terkait Pertumbuhan Ekonomi, Presiden Jokowi Minta Seluruh K/L Percepat Belanja Modal

Terkait Pertumbuhan Ekonomi, Presiden Jokowi Minta Seluruh K/L Percepat Belanja Modal

BERITAistana.com Jakarta:
Pada 6 Januari 2020.Penulis: Anto/ editor/ Umy.
Presiden Jokowi menyampaikan arahan pada Sidang Kabinet Paripurna, di Istana Negara, Jakarta, Senin (6/1) siang.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengingatkan kepada seluruh kementerian dan lembaga (K/L) agar belanja di bulan-bulan awal ini dipercepat, terutama yang berkaitan dengan anggaran-anggaran modal, belanja-belanja modal.

“Sekali lagi, agar belanjanya dipercepat. Ini berkaitan dengan pertumbuhan ekonomi,” tegas Presiden Jokowi saat memberikan pengantar pada Sidang Kabinet Paripurna, di Istana Negara, Jakarta, Senin (6/1) siang.

Untuk itu, Presiden meminta kepada semua pejabat eselon 1, 2, 3, dan 4 agar hal-hal yang berkaitan mungkin dengan juknis (petunjuk teknis) dan lain-lain (mengenai belanja modal, red) agar segera diselesaikan.

Omnibus Law Sementara terkait dengan penyelesaian Omnibus Law, Presiden Jokowi mengharapkan bisa terselesaikan dalam minggu-minggu ini atau paling lambat minggu depan.

“Saya harapkan bisa terselesaikan dalam minggu-minggu ini atau paling lambat minggu depan,” tegas Presiden Jokowi.

Sidang Kabinet Paripurna itu dihadiri oleh Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin, Menko Polhukam Mahfud MD, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko PMK Muhadjir Effendy, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan, Mensesneg Pratikno, Seskab Pramono Anung, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Menkeu Sri Mulyani Indrawati, Mendagri Tito Karnavian, Mensos Juliari Batubara, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menhub Budi K.

Sumadi, Menperin Airlangga Hartarto, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Menteri ESDM Arifin Tasrif. Selain itu juga hadir Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menlu Retno Marsudi, Menparekraf Wishnutama, Menkominfo Johny G. Plate, Menaker Ida Fauziah, Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Jaksa Agung ST. Burhanuddin dan Kapolri Jenderal Idham Azis, pungkasnya.

Tambah Alat Berat, Menteri PUPR Targetkan Jalan Terisolir di Sukmajaya, Bogor, Bisa Diakses Lagi.

Beritaistana.com BOGOR
Pada 6 Januari 2020
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjawab wartawan saat meninjau lokasi longsor di Kecamatan Sukmajaya, Bogor, Jabar, Minggu (5/1/2020).

Menindaklanjuti instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar akses jalan yang terputus, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumaan Rakyat (PUPR) akan menambah kendaraan alat berat agar jalan utama menuju desa-desa di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor yang terisolir akibat longsor bisa diakses dalam waktu seminggu ke depan. “Ini ada beberapa desa yang terisolir.

Untuk itu saya buat dua tim. Kalau Bapak Presiden Jokowi kasih waktu seminggu, itu insyaallah bisa tembus,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono usai meninjau lokasi longsor untuk memastikan peralatan berat berfungsi optimal pada Minggu (5/1).

Menurut Basuki, sedikitnya 11 kendaraan alat berat akan diterjunkan untuk menembus jalan-jalan utama yang tertutup longsor. Sebelumnya Kementerian PUPR sejak Sabtu (4/1) telah mengirimkan alat berat ke lokasi longsor di Kecamatan Sukajaya, yaitu 6 excavator, 1 loader, dan 1 buildozer.

“Metodenya, setelah satu jalur menuju Sukajaya tembus, selanjutnya alat berat ini langsung berangkat ke desa berikutnya, kemudian kendaraan di belakang masuk untuk membersihkan,” jelas Basuki.

Sedangkan jalan utama menuju Desa Pasir Madang, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menarget bisa selesai dan dapat diakses besok Senin (6/1).

“Untuk Desa Pasir Madang, Sukajaya, mudah-mudahan besok sore bisa tembus,” kata Menteri Basuki.

Desa Pasir Madang, merupakan 1 dari 6 Desa yang hingga kini masih terisolir akibat longsor, pada . Rabu (1/1) sekitar 06.00 WIB karena hujan deras yang membuat Sungai Cidurian di Kabupaten Bogor meluap dan mengakibatkan beberapa wilayah sekitarnya mengalami banjir dan longsor.

Selain Desa Pasir Madang, masih banyak titik longsor yang menutup jalan-jalan utama menuju desa-desa lainnya yang juga mengalami bencana longsor, yakni Desa Kiarasari, Kiara Pandak, Urug, Cisarua, dan Desa Cileuksa.

Untuk akses jalan yang tertutup akibat banjir dan longsor, sebagian titik sudah terbuka yakni pada Jalan Raya Cigudeg – Kecamatan Sukajaya sepanjang 7 Km sudah, Posko Utama – Sub Pos Harkat Jaya sepanjang 2 Km, dan ruas Jl. Kiarasari – Jl. Pasir Madang sudah berhasil dibuka 4 titik dari 13 titik longsoran. Presiden Jokowi bersama rombongan Minggu (5/1) berangkat menuju Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor dengan menggunakan Helikopter Super Puma TNI AU.

Rombongan Presiden yang terdiri dari tiga helikopter lepas landas dari Pangkalan TNI AU Atang Sendjaja, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat pada pukul 08.15 WIB.

Pada pukul 08.30 WIB, dua helikopter yang ditumpangi oleh perangkat kepresidenan dan membawa bantuan logistik untuk pengungsi berhasil mendarat terlebih dahulu di helipad Desa Pasir Madang, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor.

Namun karena cuaca buruk, pilot helikopter Presiden memutuskan untuk kembali ke Pangkalan TNI AU Atang Sendjaja, Kabupaten Bogor dan tiba pada pukul 09.05 WIB.

Setibanya di Pangkalan TNI AU Atang Sendjaja, atas perintah Presiden, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono langsung menuju Kecamatan Sukajaya melalui jalur darat, ” terangnya.

Terkait

Presiden: Lakukan Pembangunan Pertanian Dengan Skala yang Lebih Luas

Januari 11, 2021

JAKARTA --| Presiden: Lakukan Pembangunan Pertanian dengan Skala yang Lebih Luas. Pada 11 Januari 2021 Presiden Jokowi saat meresmikan Pembukaan Rakernas Pembangunan Pertanian Tahun 2021, Senin...

BABINSA BERI WASBANG SECARA VIRTUAL

Oktober 26, 2020

Boyolali,- Mengingat pentingnya wawasan kebangsaan bagi siswa, juga kondisi yang tidak memungkinkan untuk melangsungkan kegiatan belajar mengajar dengan bertatap muka, saat ini Babinsa Koramil...

Dirlantas Polda Metro Jaya Siapkan Pos Pengamanan Saat Cuti Bersama

Oktober 25, 2020

Jakarta| Dirlantas Polda Metro Jaya siapkan Sebanyak 15 pos pengamanan disiapkan Polda Metro Jaya saat libur cuti bersama. Titik posko tersebar di jalan tol dan beberapa titik jalan...

Oknum Polri Berpangkat Kompol Jadi Kurir Narkotika

Oktober 25, 2020

Pekanbaru, |Dirresnarkoba Polda Riau Pengungkapan kasus narkoba jenis sabu yang melibatkan anggota Polri dengan barang bukti sebanyak 16 kilogram, dan mengamankan dua tersangka, pengungkapan...

Pemdes Arse Simatorkis Tentukan Titik Rencana Pembangunan Jembatan Gantung

Oktober 24, 2020

Sabtu, 24 Okt 2020 | Penulis : Bonardon Padang Lawas,-Pemerintahan Desa Arse (Pemdes) Simatorkis Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas (Palas) tentukan titik rencana pembangunan jembatan gantung...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments