Berita Istana - Berita Terbaru dan Terpercaya

Surat Terbuka: Terungkap Pemalsuan Nilai Ujian Perangkat Desa Pendem Sumberlawang Sragen

Surat Terbuka: Terungkap Pemalsuan Nilai Ujian Perangkat Desa Pendem Sumberlawang Sragen

 

Kepada Yth:

1. Kepala Desa Pendem.

-.Kecamatan Sumberlawang.

-.Kabupaten Sragen.

Tempat kedudukan: Desa Pendem, Kecamatan Sumberlawang, Kabupaten Sragen

2. Tim Pengangkatan dan Penjaringan dan Penyaringan Perangkat Desa Pendem.

Perihal Permohonan Klanfikasi atas Permintaan Pengumnan Hasil uji Kompetensi Calon Perangkat Desa Pemdem.

Dengan Hormat:

Parkenankan kami, Jaswadi bertempat tinggal di Jengkilung Rt 18 / Rw 06 Desa Pendem, Kecamatan Sumberlawang, Kabupaten Sragen selaku warga Desa Pendem dan dahulu sebagai peserta Seleksi Perangkat Desa dengan jabatan Sekertaris Desa.

Dengan surat ini kami mengajukan permohonan klarifikasi sehubungan dengan perubahan pengumuman hasil Uji Kompetensi Calon Perangkat Desa Pendem, adapun dasar Permohonan kami adalah.

 

1. Bahwa pada tanggal 8 Agustus 2018 kami melihat dan membaca pengumuman hasil uji kompentensi yang kami maksud dengan hasil kami (Jaswadi) menduduki peringkat pertama dengan total Nilai (pengumunan ) 58,767 (lima puluh delapan koma tujuh ratus emam puluh tujuh) Pengumuman terlampir.

2.Bahwa selang tiga hari pada tanggal 11 kami mengetahui ada perubahan pengumuman hasil uji kopetensi calon perangkat desa pendem yang mana perubahan yang dimaksud adalah perubahan nilai dedikasi dari 2,667 menjadi 1,33 .

Hasil nilai yang asli

 

3.Bahwa atas perubahan nilai yang dimaksud diatas, kami tidak dilantik menjadi perangkat desa dengan jabatan sekertaris desa, meskipun pada saat itu dengan tidak adanya pengetahuan kami terkait dengan upaya atau ketentuan pengajuan keberatan apabila diduga terjadi penyimpangan dan/atau pelanggaran administrasi kami tidak mengajukan keberatan sehingga peserta lain dapat dilantik menjadi sekertaris desa.

Hasil nilai yang dirubah

 

4.Bahwa melihat opini dan pedapat serta informasi yang berkembang dimasyarakat , hingga saat ini masih mempertanyakan “alasan perubahan nilai yang di maksud” untuk itu kami mohon penjelasan dan klarifikasi atas hal yang kami maksud diatas, “bahwa kami menegaskan tujuan surat ini kami kirimkan bukan penetapan kami sebagai sekdes dengan peringkat pertama tidak dilantik namun secara moral kami harus menjelaskan pada masyarakat yang hingga saat ini masih meyakini kami yang terpilih”.

5.Bahwa hingga saat ini tidak pernah mendapat pemberitahuan atau surat perihal alasan yang sah secara hukum terkait dengan perubahan pengumuman yang dimaksud untuk itu atas hal dimaksud kami sangat memerlukan “jawaban dan atau penjelasan-penjelasan secara tertulis” dari kepala desa atau pejabat mewakili atas perubahan Pengumuman atau perubahan nilai sehingga kami mendapat jawaban dan kepastian hukum sebagai warga desa Pendem yang telah mengikuti seleksi Penjaringan calon perangkat desa.

6. Bahwa kami telah meminta pendapat hukum atas permasalahan yang dimaksud pada penasehat hukum kami yang kami simpulkan sebagai berikut:

a) Berdasarkan peraturan daerah Kabupaten Sragen nomor Nomor 8 Tahun 2017 tentang perangkat desa dalam bagian kelima pengaduan dan penyelesaian masalah dalam pasal 21 ayat 3 dijelaskan pengaduan sebagaimana dimaksud pada ayat 1 dan ayat 2 hanya dapat diajukan oleh calon perangkat desa dalam waktu paling lama 3 hari terhitung ditetapkannya perangkat desa.

b)Berdasarkan ketentuan pasal 55 undang-undang nomor 5 tahun 1986 tentang peradilan tata usaha negara yang menyebutkan bahwa gugatan dapat diajukan hanya dalam tenggang waktu 90 hari terhitung sejak diterimanya atau diumumkan keputusan badan atau pejabat tata usaha negara.

Yang mana atas dua ketentuan hukum tersebut upaya kami untuk mengajukan upaya hukum setelah lewat waktu namun kembali kami menegaskan “bahwa tujuan surat ini kami kirimkan bukan penetapan kami sebagai sekdes dengan peringkat pertama tidak dilantik namun secara moral kami harus menjelaskan pada masyarakat yang hingga saat ini masih meyakini kami yang terpilih”

Demikian surat permohonan Klarifikasi dan atau penjelasan atas hal yang kami Uraikan di atas kami kirimkan untuk dapat segera ditindaklanjuti dengan sebagaimana mestinya.

Bukti data perubahan nilai dan data hasil dari AUB Kami arsipkan

Ungkapnya dalam surat klarifikasi.

Terkait

Diduga Rekayasa Kasus, JPU Budi Atmoko Dilaporkan ke Komisi Kejaksaan

Januari 22, 2021

Diduga Rekayasa Kasus, JPU Budi Atmoko Dilaporkan ke Komisi Kejaksaan

1
Please leave a feedback on thisx
Jakarta –...

Presiden: Lakukan Pembangunan Pertanian Dengan Skala yang Lebih Luas

Januari 11, 2021

JAKARTA --| Presiden: Lakukan Pembangunan Pertanian dengan Skala yang Lebih Luas. Pada 11 Januari 2021 Presiden Jokowi saat meresmikan Pembukaan Rakernas Pembangunan Pertanian Tahun 2021, Senin...

BABINSA BERI WASBANG SECARA VIRTUAL

Oktober 26, 2020

Boyolali,- Mengingat pentingnya wawasan kebangsaan bagi siswa, juga kondisi yang tidak memungkinkan untuk melangsungkan kegiatan belajar mengajar dengan bertatap muka, saat ini Babinsa Koramil...

Dirlantas Polda Metro Jaya Siapkan Pos Pengamanan Saat Cuti Bersama

Oktober 25, 2020

Jakarta| Dirlantas Polda Metro Jaya siapkan Sebanyak 15 pos pengamanan disiapkan Polda Metro Jaya saat libur cuti bersama. Titik posko tersebar di jalan tol dan beberapa titik jalan...

Oknum Polri Berpangkat Kompol Jadi Kurir Narkotika

Oktober 25, 2020

Pekanbaru, |Dirresnarkoba Polda Riau Pengungkapan kasus narkoba jenis sabu yang melibatkan anggota Polri dengan barang bukti sebanyak 16 kilogram, dan mengamankan dua tersangka, pengungkapan...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Agus Galileo
Agus Galileo
7 months ago

Kalau bnr punya bukti kuat, langsung saja buat surat pengaduan ke polres,… .

Ntar tindak lanjut akan diatur olih aparat penegak hukum apa bila bnr2 terjadi pelanggaran.