Berita Istana - Berita Terbaru dan Terpercaya

Simak! Ini Rangkaian Acara Pelantikan Jokowi-Ma'ruf 20 Oktober

Simak! Ini Rangkaian Acara Pelantikan Jokowi-Ma’ruf 20 Oktober

Jakarta – Joko Widodo-Ma’ruf Amin akan dilantik sebagai presiden dan wakil presiden periode 2019-2024 pada 20 Oktober 2019 mendatang. Begini rangkaian acara pelantikan Jokowi-Ma’ruf.

Pelantikan akan digelar dalam sidang paripurna MPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10). Sesuai keputusan MPR, pelantikan akan dimulai siang hari pukul 14.30 WIB.

Dilihat dari rundown sidang paripurna MPR, Kamis (17/10/2019), durasi pelantikan hanya sekitar 80 menit. Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Setelah itu, Ketua MPR Bambang Soesatyo akan memimpin momen mengheningkan cipta. Lalu Bamsoet membuka sidang paripurna MPR.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan Keputusan KPU oleh Pimpinan MPR. Kemudian pengambilan sumpah presiden dan wakil presiden. Usai pengambilan sumpah, acara berikutnya adalah penandatanganan berita acara pelantikan dan penyerahan berita acara pelantikan oleh pimpinan MPR.

Momen berikutnya adalah pertukaran tempat duduk wakil presiden, dari Jusuf Kalla ke Ma’ruf Amin. Setelahnya, Presiden Jokowi akan membacakan pidato sebagai presiden periode 2019-2024.

Usai pembacaan pidato Jokowi, pimpinan MPR melanjutkan sidang paripurna lalu diakhiri dengan pembacaan doa sebelum sidang paripurna ditutup. Pelantikan Jokowi-Ma’ruf ditutup dengan kembali menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Pelantikan Jokowi-Ma’ruf nanti akan dihadiri sejumlah kepala negara atau kepala pemerintahan sahabat. Selain itu, tokoh-tokoh negara dan presiden-presiden sebelum Jokowi juga diundang hadir.

Setelah acara sidang paripurna selesai, nantinya akan ada sesi pemberian selamat kepada presiden dan wapres yang baru. Mulai dari para mantan presiden dan mantan wapres hingga tamu kehormatan negara sahabat. Kemudian juga ada sesi foto-foto.

Berikut rangkaian acara pelantikan Jokowi-Ma’ruf:

14.30 WIB Lagu Kebangsaan Indonesia Raya
14.33 WIB Mengheningkan Cipta dipimpin Ketua MPR
14.36 WIB

  • Pembukaan Sidang Paripurna MPR oleh Ketua MPR
  • Pembacaan Keputusan KPU oleh Pimpinan MPR
    14.56 WIB Pengucapan Sumpah Presiden
    14.58 WIB Pengucapan Sumpah Wakil Presiden
    15.00 WIB Penandatanganan Berita Acara Pelantikan
    15.05 WIB Penyerahan Berita Acara Pelantikan oleh Pimpinan MPR
    (Menuju tempat duduk: pertukaran tempat duduk Wakil Presiden)
    15.07 WIB Pimpinan MPR melanjutkan memimpin Sidang Paripurna MPR
    15.12 WIB Pidato Presiden
    15.30 WIB Pimpinan MPR melanjutkan memimpin Sidang Paripurna MPR
    15.35 WIB Pembacaan Doa
    15.40 WIB Penutupan Sidang Paripurna MPR oleh Ketua MPR
    15.45 WIB Lagu Kebangsaan Indonesia Raya
    15.48 WIB Sidang Paripurna MPR selesai

Kamis 17 Oktober 2019

Sumber : Ralawan Jokowidodo

Editor : Warsito Nusantoro Pamungkas

Terkait

Presiden: Lakukan Pembangunan Pertanian Dengan Skala yang Lebih Luas

Januari 11, 2021

JAKARTA --| Presiden: Lakukan Pembangunan Pertanian dengan Skala yang Lebih Luas. Pada 11 Januari 2021 Presiden Jokowi saat meresmikan Pembukaan Rakernas Pembangunan Pertanian Tahun 2021, Senin...

BABINSA BERI WASBANG SECARA VIRTUAL

Oktober 26, 2020

Boyolali,- Mengingat pentingnya wawasan kebangsaan bagi siswa, juga kondisi yang tidak memungkinkan untuk melangsungkan kegiatan belajar mengajar dengan bertatap muka, saat ini Babinsa Koramil...

Dirlantas Polda Metro Jaya Siapkan Pos Pengamanan Saat Cuti Bersama

Oktober 25, 2020

Jakarta| Dirlantas Polda Metro Jaya siapkan Sebanyak 15 pos pengamanan disiapkan Polda Metro Jaya saat libur cuti bersama. Titik posko tersebar di jalan tol dan beberapa titik jalan...

Oknum Polri Berpangkat Kompol Jadi Kurir Narkotika

Oktober 25, 2020

Pekanbaru, |Dirresnarkoba Polda Riau Pengungkapan kasus narkoba jenis sabu yang melibatkan anggota Polri dengan barang bukti sebanyak 16 kilogram, dan mengamankan dua tersangka, pengungkapan...

Pemdes Arse Simatorkis Tentukan Titik Rencana Pembangunan Jembatan Gantung

Oktober 24, 2020

Sabtu, 24 Okt 2020 | Penulis : Bonardon Padang Lawas,-Pemerintahan Desa Arse (Pemdes) Simatorkis Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas (Palas) tentukan titik rencana pembangunan jembatan gantung...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments