Berita Istana - Berita Terbaru dan Terpercaya

Simak! Ini Rangkaian Acara Pelantikan Jokowi-Ma'ruf 20 Oktober

Simak! Ini Rangkaian Acara Pelantikan Jokowi-Ma’ruf 20 Oktober

Jakarta – Joko Widodo-Ma’ruf Amin akan dilantik sebagai presiden dan wakil presiden periode 2019-2024 pada 20 Oktober 2019 mendatang. Begini rangkaian acara pelantikan Jokowi-Ma’ruf.

Pelantikan akan digelar dalam sidang paripurna MPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10). Sesuai keputusan MPR, pelantikan akan dimulai siang hari pukul 14.30 WIB.

Dilihat dari rundown sidang paripurna MPR, Kamis (17/10/2019), durasi pelantikan hanya sekitar 80 menit. Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Setelah itu, Ketua MPR Bambang Soesatyo akan memimpin momen mengheningkan cipta. Lalu Bamsoet membuka sidang paripurna MPR.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan Keputusan KPU oleh Pimpinan MPR. Kemudian pengambilan sumpah presiden dan wakil presiden. Usai pengambilan sumpah, acara berikutnya adalah penandatanganan berita acara pelantikan dan penyerahan berita acara pelantikan oleh pimpinan MPR.

Momen berikutnya adalah pertukaran tempat duduk wakil presiden, dari Jusuf Kalla ke Ma’ruf Amin. Setelahnya, Presiden Jokowi akan membacakan pidato sebagai presiden periode 2019-2024.

Usai pembacaan pidato Jokowi, pimpinan MPR melanjutkan sidang paripurna lalu diakhiri dengan pembacaan doa sebelum sidang paripurna ditutup. Pelantikan Jokowi-Ma’ruf ditutup dengan kembali menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Pelantikan Jokowi-Ma’ruf nanti akan dihadiri sejumlah kepala negara atau kepala pemerintahan sahabat. Selain itu, tokoh-tokoh negara dan presiden-presiden sebelum Jokowi juga diundang hadir.

Setelah acara sidang paripurna selesai, nantinya akan ada sesi pemberian selamat kepada presiden dan wapres yang baru. Mulai dari para mantan presiden dan mantan wapres hingga tamu kehormatan negara sahabat. Kemudian juga ada sesi foto-foto.

Berikut rangkaian acara pelantikan Jokowi-Ma’ruf:

14.30 WIB Lagu Kebangsaan Indonesia Raya
14.33 WIB Mengheningkan Cipta dipimpin Ketua MPR
14.36 WIB

  • Pembukaan Sidang Paripurna MPR oleh Ketua MPR
  • Pembacaan Keputusan KPU oleh Pimpinan MPR
    14.56 WIB Pengucapan Sumpah Presiden
    14.58 WIB Pengucapan Sumpah Wakil Presiden
    15.00 WIB Penandatanganan Berita Acara Pelantikan
    15.05 WIB Penyerahan Berita Acara Pelantikan oleh Pimpinan MPR
    (Menuju tempat duduk: pertukaran tempat duduk Wakil Presiden)
    15.07 WIB Pimpinan MPR melanjutkan memimpin Sidang Paripurna MPR
    15.12 WIB Pidato Presiden
    15.30 WIB Pimpinan MPR melanjutkan memimpin Sidang Paripurna MPR
    15.35 WIB Pembacaan Doa
    15.40 WIB Penutupan Sidang Paripurna MPR oleh Ketua MPR
    15.45 WIB Lagu Kebangsaan Indonesia Raya
    15.48 WIB Sidang Paripurna MPR selesai

Kamis 17 Oktober 2019

Sumber : Ralawan Jokowidodo

Editor : Warsito Nusantoro Pamungkas

Terkait

Apresiasi Pemkab Malang, KD Menyebutkan Presiden Jokowi Akan Turun Langsung ke Lokasi Gempa Malang

April 25, 2021

Jawa Timur, -Apresiasi Pemkab Malang, KD Menyebutkan Presiden Jokowi Akan Turun Langsung ke Lokasi Gempa Malang. Anggota DPR RI Dapil V Malang Raya Fraksi PDIP yang juga merupakan Diva Indonesia,...

Kapolri: Polri Beri Kekuatan Terbaik Bantu Cari KRI Nanggala 402

April 24, 2021

BALI- Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan, Polri akan memberikan yang terbaik dalam upaya pencarian kapal selam KRI Nanggala 402 yang hilang di perairan Bali. Saat ini, kata Sigit, Polri...

Terima Uang Sogokan Ratusan Juta Ditresnarkoba Bebaskan AMR Tumbalkan RUS

April 12, 2021

KALTENG - Penangkapan terhadap berinisial RUS oleh Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Kalteng, disoal pihak keluarga karena dianggap janggal. ‎ Menurut Triyono, kepada media .........

Presiden Jokowi Resmikan Bandara Toraja

Maret 18, 2021

TORAJA_Dalam kesempatan yang sama, Presiden turut meresmikan secara virtual Bandara Pantar di Nusa Tenggara Timur_ Peningkatan aksesibilitas dan konektivitas transportasi penting artinya untuk...

Diduga Melakukan Selingkuh Oknum Lurah di Mangunan Bantul Digerebek Warganya 

Maret 7, 2021

BANTUL, – Merasa geram dengan perilaku Lurah yang diduga telah melakukan perselingkuhan dengan salah satu warga, malam tadi, Minggu (7/3/2021), sekitar 100 warga dari 6 dusun (cempluk, mangunan,...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments