Berita Istana - Berita Terbaru dan Terpercaya

Pesan Ganjar ke Petani Patiayam : Nugel Siji Nandur Sewu

Pesan Ganjar ke Petani Patiayam : Nugel Siji Nandur Sewu

Rabu 15 Januari 2020| Sumber : Pemprov Jateng| Editor : Umy

KUDUS Beritaistana.com– Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo punya cara unik untuk mengembalikan ekosistem di Pegunungan Patiayam Kabupaten Kudus dan Pegunungan Kendeng Kabupaten Pati. Selain menggalakkan reboisasi, Ganjar juga meminta masyarakat membuat komitmen bersama tentang sanksi sosial bagi para perusak alam.

Komitmen yang diminta Ganjar tidak muluk-muluk. Mengandalkan kearifan lokal, ia mengusulkan masyarakat menjadi bapak asuh untuk setiap pohon yang ditanam. Selain itu, masyarakat yang menebang satu pohon wajib menanam 1000 pohon sebagai bentuk sanksi sosial.

“Nugel siji nandur sewu (memotong satu pohon, harus menanam seribu pohon – Red). Kalau kesepakatan itu dilakukan, maka semua masyarakat akan menjaga ekosistem di wilayah hulu seperti ini dari penggundulan hutan,” kata Ganjar, Rabu (15/1/2020).

Pada kesempatan itu, Ganjar bersama Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengajak masyarakat dari berbagai elemen untuk giat menanam pohon. Sebanyak 1000 pohon ditanam di Ppegunungan Patiayam yang memang gundul itu. Selain di Patiayam, Ganjar dan Doni juga melakukan penanaman pohon di Pegunungan Kendeng di Kabupaten Pati.

“Hari ini semuanya kami ajak menanam. Ada Pak Doni dari BNPB, pak bupati, masyarakat, petani dan pelajar semuanya menanam. Ini waktu yang tepat bagi kita menanam untuk menghijaukan kembali lahan-lahan yang kritis,” ucapnya.

Pengembalian ekosistem di kawasan hulu, lanjut Ganjar, menjadi cara ampuh untuk menanggulangi bencana terutama banjir. Sebab menurutnya, banjir yang melanda Jawa Tengah akibat tingginya sedimentasi sungai.

“Dari mana sedimentasi itu, ya dari kawasan hulu ini. Karena gundul, maka tanah dari perbukitan lari ke sungai sehingga menimbulkan sedimentasi. Hasilnya, sungai penuh sedimentasi dan air pasti meluap,” tandas Ganjar.

Musibah banjir yang terjadi di beberapa wilayah lanjut Ganjar memang karena kerusakan di wilayah hulu. Untuk itu, ia mengajak masyarakat untuk bergerak melakukan perbaikan.

“Tidak usah saling menyalahkan, sekarang yang terpenting mari kita aksi untuk memperbaiki,” tambahnya.

Ganjar menerangkan, mayoritas kawasan hulu sungai-sungai di Jateng adalah kawasan Perhutani yang dimanfaatkan oleh masyarakat. Untuk itu, ia meminta para petani di perhutanan sosial untuk tidak menebang pohon yang sudah ada.

“Jangan ditebang, justru harus ditambah agar wilayah hulu tidak gundul. Nanti akan kami gerakkan semuanya untuk melakukan reboisasi di wilayah-wilayah kritis di Jateng,” pungkasnya.

Kepala BNPB Doni Monardo mengapresiasi langkah cepat Ganjar mengembalikan fungsi lahan di kawasan hulu. Menurutnya, ini tindakan kongkret sebagai upaya penanggulangan bencana di kawasan hilir.

“Saya senang diajak ke sini untuk menanam bersama masyarakat. Ini kegiatan mulia, karena dengan menanam kita menyelamatkan masa depan masyarakat dari bencana,” kata Doni.

Doni membenarkan, kerusakan hutan di wilayah hulu menjadi penyebab utama terjadinya bencana banjir. Untuk itu, reboisasi adalah upaya satu-satunya untuk mencegah terjadinya bencana.

“Karena lahan di bagian hulu sungai gundul, maka bencana selalu terjadi. Saat kemarau kita kekeringan, musim hujan kita kebanjiran. Jadi, ayo kita menanam,” pungkas Doni.

Himbauan dari Ganjar dan Doni disetujui para petani setempat. Huda, petani yang puluhan tahun menggarap lahan di Patiayam mengaku siap menghijaukan kawasan yang sudah lama gundul itu.

“Kami siap menanam kembali dan ikut mengawasi. Nanti yang menebang, akan kami hukum bareng-bareng sesuai kesepakatan,” janji Huda.

Terkait

Apresiasi Pemkab Malang, KD Menyebutkan Presiden Jokowi Akan Turun Langsung ke Lokasi Gempa Malang

April 25, 2021

Jawa Timur, -Apresiasi Pemkab Malang, KD Menyebutkan Presiden Jokowi Akan Turun Langsung ke Lokasi Gempa Malang. Anggota DPR RI Dapil V Malang Raya Fraksi PDIP yang juga merupakan Diva Indonesia,...

Kapolri: Polri Beri Kekuatan Terbaik Bantu Cari KRI Nanggala 402

April 24, 2021

BALI- Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan, Polri akan memberikan yang terbaik dalam upaya pencarian kapal selam KRI Nanggala 402 yang hilang di perairan Bali. Saat ini, kata Sigit, Polri...

Terima Uang Sogokan Ratusan Juta Ditresnarkoba Bebaskan AMR Tumbalkan RUS

April 12, 2021

KALTENG - Penangkapan terhadap berinisial RUS oleh Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Kalteng, disoal pihak keluarga karena dianggap janggal. ‎ Menurut Triyono, kepada media .........

Presiden Jokowi Resmikan Bandara Toraja

Maret 18, 2021

TORAJA_Dalam kesempatan yang sama, Presiden turut meresmikan secara virtual Bandara Pantar di Nusa Tenggara Timur_ Peningkatan aksesibilitas dan konektivitas transportasi penting artinya untuk...

Diduga Melakukan Selingkuh Oknum Lurah di Mangunan Bantul Digerebek Warganya 

Maret 7, 2021

BANTUL, – Merasa geram dengan perilaku Lurah yang diduga telah melakukan perselingkuhan dengan salah satu warga, malam tadi, Minggu (7/3/2021), sekitar 100 warga dari 6 dusun (cempluk, mangunan,...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments