Berita Istana - Berita Terbaru dan Terpercaya

Pakai Ti'i Langga, Ganjar Resmikan Mall Pelayanan Publik Ketiga di Jateng

Pakai Ti’i Langga, Ganjar Resmikan Mall Pelayanan Publik Ketiga di Jateng

Kamis 23 Januari 2020 | Sumber ; Pemprov Jateng | Editor ; Warsito Wnp

BERITAistana.com

BATANG – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo tampil beda saat meresmikan Mall Pelayanan Publik Kabupaten Batang, Kamis (23/1). Di hadapan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo, sejumlah Deputi dan tamu penting lainnya, Ganjar tampil nyentrik dengan pakaian adat khas Nusa Tenggara Timur (NTT) khas dengan topi dari anyaman lontar yang dikenal dengan sebutan Ti’i Langga.

Penampilan Ganjar tentu menjadi perhatian para pejabat dan masyarakat yang hadir di lokasi itu, termasuk Tjahjo Kumolo. Beberapa pejabat dan masyarakat langsung berebut untuk berfoto bersama dengan pria yang identik dengan rambut putih tersebut.

“Pak Menteri izin, saya punya program bahwa setiap hari Kamis di Jateng selalu pakai pakaian adat Jawa Tengah. Dan setiap Kamis pekan keempat, kami memakai pakaian adat nusantara. Mudah-mudahan ini mempersatukan kita semuanya,” kata Ganjar mengawali sambutannya.

Ganjar menerangkan, Mall Pelayanan Publik di Kabupaten Batang merupakan yang ketiga di Pemprov Jateng. Sebelumnya, sudah ada fasilitas yang sama di Kabupaten Banyumas dan Kebumen.

https://www.facebook.com/1670021609876183/posts/2472506239627712/?app=fbl

“Daerah lain juga siap-siap, seperti Kendal, Wonogiri, Pati dan daerah lainnya. Semoga dengan adanya Mall Pelayanan Publik ini, pelayanan masyarakat semakin optimal,” ucapnya.

Mall Pelayanan Publik lanjut Ganjar adalah inovasi untuk memudahkan pelayanan. Hanya dengan mengunjungi Mall Pelayanan Publik tersebut, maka rakyat bisa mendapatkan pelayanan prima.

“Selama ini rakyat stres harus kesana kemari demi mengurus izin misalnya, belum lagi ketemu calo. Maka dengan adanya mall ini, semuanya dapat terlayani satu pintu dan lebih cepat,” tegas Ganjar.

Ganjar meminta kepada daerah yang belum memiliki Mall Pelayanan Publik untuk meniru Batang, Banyumas dan Kebumen. Ditargetkan tahun depan, semua daerah di Jateng memiliki Mall Pelayanan Publik.

“Daerah mesti berinisiatif, tahun depan saya harap bisa selesai semua. Ini mudah dan bukan perkara sulit. Nanti akan kami buatkan surat edaran kepada seluruh Bupati/Wali Kota agar menyiapkan ini. Saya minta disiapkan tahun depan, karena perencanaan pembangunan harus dimulai tahun depan,” pungkasnya.

Sementara itu, Menpan RB Tjahjo Kumolo mengapresiasi Pemprov Jateng yang serius dalam mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat melalui Mall Pelayanan Publik. Tjahjo berharap, seluruh Kabupaten/Kota di Jateng dapat segera memilikinya.

“Saya harapkan maksimal dalam waktu dua tahun, semua daerah di Jateng memiliki fasilitas ini, agar pelayanan kepada masyarakat semakin cepat,” pungkasnya.

Mall Pelayanan Publik di Kabupaten Batang didirikan atas kerjasama berbagai instansi. Mall tersebut dapat melayani 329 urusan pelayanan publik, seperti perizinan, pembuatan paspor, BPJS, pelayanan Kantor Pos dan lainnya. Terbaru, di tempat itu masyarakat dapat melakukan perpanjangan SIM dengan mekanisme drive thru.

Terkait

Warganya Kesulitan Ekonomi Kepala Dusun Cuek Pengusaha Muda Turun Tangan Bantu Warga

Maret 1, 2021

  KOPI Jembrana – Kondisi Pandemi Covid-19 membuat banyak warga menjerit. Keadaan ekonomi yang sulit memunculkan tekanan psikologis masyarakat di mana-mana. Bencana kemanusiaan sedang...

Menhub Tinjau Tirtonadi, Gibran Tekankan Pembangunan Lantai 2 Terminal Akan Jadi Pusat Kegiatan Produktif

Februari 28, 2021

SOLO, - Menhub Tinjau Tirtonadi, Gibran Tekankan Pembangunan Lantai 2 Terminal Akan Jadi Pusat Kegiatan Produktif. Menhub Ir. Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan kerja di Kota Solo, Minggu...

Hadiri Peresmian Hunian Sementara (HUNTARA) Desa Tumanggal Rofik Kembali Berikan Bantuan

Februari 28, 2021

  Purbalingga (28/02) - Anggota DPR RI Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS) Rofik Hananto menghadiri acara peresmian Hunian Sementara (Huntara) yang terletak di Dusun Pagersari Desa...

Menhub Kunjungan di Solo, Gibran Minta Percepat Realisasi Elevasi Rel di Joglo

Februari 28, 2021

SOLO, - Menhub Kunjungan di Solo, Gibran Minta Percepat Realisasi Elevasi Rel di Joglo. Kunjungan Menhub Ir. Budi Karya Sumadi di Kota Solo, Minggu (28/2/2021) dimanfaatkan baik oleh jajaran Pemkot...

Gibran Salurkan 500 Paket Sembako ke DPP Pasoepati, Maryadi Gondrong: Kami Siap Dukung Kebijakan Olahraga

Februari 28, 2021

SOLO, -Gibran Salurkan 500 Paket Sembako ke DPP Pasoepati, Maryadi Gondrong: Kami Siap Dukung Kebijakan Olahraga . Gibran Rakabuming Raka menyambangi Sekretariat sementara DPP Pasoepati, di Laweyan....

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments