Berita Istana - Berita Terbaru dan Terpercaya

Ketua Komisi A DPRD Minta Dinas PMD Adakan Rapat Koordinasi Bersama OPD Se Padang Lawas

Ketua Komisi A DPRD Padang Lawas Mintak Dinas PMD Adakan Rapat Koordinasi Bersama OPD Se Padang Lawas.

Kamis 23 Januari 2020 | Penulis ; Bonardon Nasution | Editor ; Umy

BERITAistana.com. Padang Lawas-Untuk meningkatkan kualitas dan perkembangan Desa, Dinas Pemerintahan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Padang Lawas perlu segera menggelar rapat koordinasi menggandeng unsur Operasi Perangkat Desa (OPD) Camat, BPJS dan Seluruh Desa.

Demikian ungkapan Ketua Komisi A DPRD Padang Lawas Sufriyadi Halomoan Hasibuan kepada BERITAistana.com Kamis, 23/1-2020, perlunya langkah yang harus segera di laksanakan pihak PMD Palas yang antara lain ;

Pertama, Singkronisasi RPJM Nasional, RPJM Daerah dan RPJM Desa. Kedua, Bentuk dan Konsep Pengawasan, Perencanaan, dan Pembangunan Desa.

Ketiga, Pemetaan Kewenangan Pembangunan di Kabupaten dan Pembangunan Desa. Keempat, Konsep Pemetaan Produk Unggulan Desa (Prudes) dan Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades) yang Tertuang di Dalam APBDes Tahun 2020 dan 2021.

Kelima, Konsep Pendampingan Wajib Pajak Desa dan Pajak Badan Usaha Milik Desa. Dan keenam, Program dan Manfaat BPJS dalam Meningkatkan Kesejahteraan Perangkat Desa dan Masyarakat .

Sedangkan agenda rapat lanjutannya, antara lain, pertama, Penguatan Pasar dalam Pengolahan Produk Unggulan Desa (Prudes) dan Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades) menuju Pasar Domestik dan Internasianal.

Kedua, Komitmen OPD terkait dalam Swasembada Beras di Kabupaten Padang Lawas.

Ketiga, Komitmen dinas Perikanan/Kelautan dalam Swasembada Ikan di Kabupaten Padang Lawas.

Keempat, Komitmen Dinas Kehutanan dalam Swasembada Daging di Kabupaten Padang Lawas, serta terpeliharanya Hutan Padang Lawas dari pelaku ilegal loging.

Kelima, Komitmen Dinas Kehutanan dalam Mendorong Hutan Desa dan Pengelolaan Hutan Desa Menjadi Sumber Pendapatan Asli Desa.

Keenam, Komitmen Dinas Kesehatan dalam Pencegahan Stanting di Desa.

Selanjutnya, Komitmen Dinas Pendidikan dalam Peningkatan SDM Guru PAUD dan SDM Masyarakat Desa, Peran Dinas Perpustakaan dalam Meningkatan Minat Baca Masyarakat Desa melalui Digitalisasi.

Selanjutnya, Pemetaan Wilayah Rawan Bencana di Desa dan Alternatif Antisipasinya, Pemetaan dan Pengembangan Legalitas Aset Desa sebagai Sumber Pendapatan Asli Desa.

Penguatan Pemerintah Daerah dalam Mendorong Desa Wisata. Dan, Penguatan SDM dan Pemberdayaan Guru Ngaji, Sekolah Minggu dan Bilal Mayit.

Sedangkan Materi Khususnya, antara lain, Konsep Prioritas Dana Desa Tahun 2020 dan 2021 Menuju Desa yang maju. Dan Konsep Bumdes Bersama Menuju Pasar Domestik dan Internasional.

“ini agenda besar yang susun oleh PMD untuk memajukan pembangunan tepat guna dan tepat sasarannya pemakaian DD demi kesejahteraan masyarakat Padang Lawas “katanya.

Sufriyadi berharap, semua pihak yang terlibat agar memberikan dukungan penuh. Apalagi, sambungnya, kegiatan tersebut bertujuan mencipatakan daya saing dan inovasi yang terintegritas.

“saya mohon dukungan dan kerjasama kita semua, demi Kabupaten Padang Lawas yang Beriman, Cerdas, Sehat, dan Berbudaya sesuai Visi Misi Bupati,” tutupnya. (Bonardon)

Terkait

Apresiasi Pemkab Malang, KD Menyebutkan Presiden Jokowi Akan Turun Langsung ke Lokasi Gempa Malang

April 25, 2021

Jawa Timur, -Apresiasi Pemkab Malang, KD Menyebutkan Presiden Jokowi Akan Turun Langsung ke Lokasi Gempa Malang. Anggota DPR RI Dapil V Malang Raya Fraksi PDIP yang juga merupakan Diva Indonesia,...

Kapolri: Polri Beri Kekuatan Terbaik Bantu Cari KRI Nanggala 402

April 24, 2021

BALI- Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan, Polri akan memberikan yang terbaik dalam upaya pencarian kapal selam KRI Nanggala 402 yang hilang di perairan Bali. Saat ini, kata Sigit, Polri...

Terima Uang Sogokan Ratusan Juta Ditresnarkoba Bebaskan AMR Tumbalkan RUS

April 12, 2021

KALTENG - Penangkapan terhadap berinisial RUS oleh Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Kalteng, disoal pihak keluarga karena dianggap janggal. ‎ Menurut Triyono, kepada media .........

Presiden Jokowi Resmikan Bandara Toraja

Maret 18, 2021

TORAJA_Dalam kesempatan yang sama, Presiden turut meresmikan secara virtual Bandara Pantar di Nusa Tenggara Timur_ Peningkatan aksesibilitas dan konektivitas transportasi penting artinya untuk...

Diduga Melakukan Selingkuh Oknum Lurah di Mangunan Bantul Digerebek Warganya 

Maret 7, 2021

BANTUL, – Merasa geram dengan perilaku Lurah yang diduga telah melakukan perselingkuhan dengan salah satu warga, malam tadi, Minggu (7/3/2021), sekitar 100 warga dari 6 dusun (cempluk, mangunan,...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Taris hsb
Taris hsb
1 year ago

Setuju.. excelent