Berita Istana - Berita Terbaru dan Terpercaya

Jokowi : Kita Fokus Saja, Tidak Semua Dikejar

30 Oct 2019, 16:10 WIB –

JAKARTA – Presiden Joko Widodo menyatakan pemerintah seharusnya fokus ke sektor tertentu dalam upaya meningkatkan investasi di Indonesia.

Pernyataan itu disampaikannya dalam rapat terbatas mengenai penyampaian program dan kegiatan di bidang kemaritiman dan investasi di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (30/10/2019).

“Kita ingin ke depan investasi kita fokus saja, tidak semua kita kejar sehingga tidak konsentrasi dan malah luput,” kata Jokowi di depan para menteri saat menyampaikan kata pengantar rapat.

Jokowi ingin pengalaman di Morowali bisa ditiru. Morowali adalah daerah di mana komoditas nikel dikenal diolah dari hulu hingga hilir.

Kepala Negara ingin komoditas lain, bauksit misalnya, dibuat menjadi barang setengah jadi atau barang jadi. BUMN atau swasta bisa bermitra untuk mengerjakan hal tersebut.

Dia juga menyorot isu petrokimia. Menurut Jokowi, Indonesia mengimpor petrokimia dalam jumlah besar.

Padahal, Indonesia memiliki potensi besar dalam membangun kawasan Tuban, di mana perusahaan petrokimia PT Tuban Petrochemical Industries beroperasi (TPPI) saat ini.

“Ya kita tetapkan saja yang Tuban itu, yang TPPI itu, jadi kawasan Petrokimia. Jadi, keluar dari sana sudah jadi barang-barang, produk-produk, yang kita tidak perlu impor. Termasuk di dalamnya akan kita kerahkan untuk B30, B50, dan B100,” papar Jokowi.

Di samping itu, para menteri diminta untuk mencari industri yang bisa memproduksi barang subtitusi impor, termasuk petrokimia dan kilang minyak. Dia meminta para menteri mengawal hal ini supaya masalah defisit transaksi berjalan dan defisit neraca perdangangan bisa diselesaikan.

Oleh: Yodie Hardiyan    

Editor : Warsito Nusantoro Pamungkas

Terkait

Presiden: Lakukan Pembangunan Pertanian Dengan Skala yang Lebih Luas

Januari 11, 2021

JAKARTA --| Presiden: Lakukan Pembangunan Pertanian dengan Skala yang Lebih Luas. Pada 11 Januari 2021 Presiden Jokowi saat meresmikan Pembukaan Rakernas Pembangunan Pertanian Tahun 2021, Senin...

BABINSA BERI WASBANG SECARA VIRTUAL

Oktober 26, 2020

Boyolali,- Mengingat pentingnya wawasan kebangsaan bagi siswa, juga kondisi yang tidak memungkinkan untuk melangsungkan kegiatan belajar mengajar dengan bertatap muka, saat ini Babinsa Koramil...

Dirlantas Polda Metro Jaya Siapkan Pos Pengamanan Saat Cuti Bersama

Oktober 25, 2020

Jakarta| Dirlantas Polda Metro Jaya siapkan Sebanyak 15 pos pengamanan disiapkan Polda Metro Jaya saat libur cuti bersama. Titik posko tersebar di jalan tol dan beberapa titik jalan...

Oknum Polri Berpangkat Kompol Jadi Kurir Narkotika

Oktober 25, 2020

Pekanbaru, |Dirresnarkoba Polda Riau Pengungkapan kasus narkoba jenis sabu yang melibatkan anggota Polri dengan barang bukti sebanyak 16 kilogram, dan mengamankan dua tersangka, pengungkapan...

Pemdes Arse Simatorkis Tentukan Titik Rencana Pembangunan Jembatan Gantung

Oktober 24, 2020

Sabtu, 24 Okt 2020 | Penulis : Bonardon Padang Lawas,-Pemerintahan Desa Arse (Pemdes) Simatorkis Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas (Palas) tentukan titik rencana pembangunan jembatan gantung...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments