Berita Istana - Berita Terbaru dan Terpercaya

Jokowi : Kita Fokus Saja, Tidak Semua Dikejar

30 Oct 2019, 16:10 WIB –

JAKARTA – Presiden Joko Widodo menyatakan pemerintah seharusnya fokus ke sektor tertentu dalam upaya meningkatkan investasi di Indonesia.

Pernyataan itu disampaikannya dalam rapat terbatas mengenai penyampaian program dan kegiatan di bidang kemaritiman dan investasi di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (30/10/2019).

“Kita ingin ke depan investasi kita fokus saja, tidak semua kita kejar sehingga tidak konsentrasi dan malah luput,” kata Jokowi di depan para menteri saat menyampaikan kata pengantar rapat.

Jokowi ingin pengalaman di Morowali bisa ditiru. Morowali adalah daerah di mana komoditas nikel dikenal diolah dari hulu hingga hilir.

Kepala Negara ingin komoditas lain, bauksit misalnya, dibuat menjadi barang setengah jadi atau barang jadi. BUMN atau swasta bisa bermitra untuk mengerjakan hal tersebut.

Dia juga menyorot isu petrokimia. Menurut Jokowi, Indonesia mengimpor petrokimia dalam jumlah besar.

Padahal, Indonesia memiliki potensi besar dalam membangun kawasan Tuban, di mana perusahaan petrokimia PT Tuban Petrochemical Industries beroperasi (TPPI) saat ini.

“Ya kita tetapkan saja yang Tuban itu, yang TPPI itu, jadi kawasan Petrokimia. Jadi, keluar dari sana sudah jadi barang-barang, produk-produk, yang kita tidak perlu impor. Termasuk di dalamnya akan kita kerahkan untuk B30, B50, dan B100,” papar Jokowi.

Di samping itu, para menteri diminta untuk mencari industri yang bisa memproduksi barang subtitusi impor, termasuk petrokimia dan kilang minyak. Dia meminta para menteri mengawal hal ini supaya masalah defisit transaksi berjalan dan defisit neraca perdangangan bisa diselesaikan.

Oleh: Yodie Hardiyan    

Editor : Warsito Nusantoro Pamungkas

Terkait

Apresiasi Pemkab Malang, KD Menyebutkan Presiden Jokowi Akan Turun Langsung ke Lokasi Gempa Malang

April 25, 2021

Jawa Timur, -Apresiasi Pemkab Malang, KD Menyebutkan Presiden Jokowi Akan Turun Langsung ke Lokasi Gempa Malang. Anggota DPR RI Dapil V Malang Raya Fraksi PDIP yang juga merupakan Diva Indonesia,...

Kapolri: Polri Beri Kekuatan Terbaik Bantu Cari KRI Nanggala 402

April 24, 2021

BALI- Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan, Polri akan memberikan yang terbaik dalam upaya pencarian kapal selam KRI Nanggala 402 yang hilang di perairan Bali. Saat ini, kata Sigit, Polri...

Terima Uang Sogokan Ratusan Juta Ditresnarkoba Bebaskan AMR Tumbalkan RUS

April 12, 2021

KALTENG - Penangkapan terhadap berinisial RUS oleh Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Kalteng, disoal pihak keluarga karena dianggap janggal. ‎ Menurut Triyono, kepada media .........

Presiden Jokowi Resmikan Bandara Toraja

Maret 18, 2021

TORAJA_Dalam kesempatan yang sama, Presiden turut meresmikan secara virtual Bandara Pantar di Nusa Tenggara Timur_ Peningkatan aksesibilitas dan konektivitas transportasi penting artinya untuk...

Diduga Melakukan Selingkuh Oknum Lurah di Mangunan Bantul Digerebek Warganya 

Maret 7, 2021

BANTUL, – Merasa geram dengan perilaku Lurah yang diduga telah melakukan perselingkuhan dengan salah satu warga, malam tadi, Minggu (7/3/2021), sekitar 100 warga dari 6 dusun (cempluk, mangunan,...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments