Berita Istana - Berita Terbaru dan Terpercaya

Ini 3 Biang Kerok yang Bikin Bansos Tak Sampai ke Masyarakat

JAKARTA,-Pemerintah mengungkap tiga persoalan yang menjadi biang kerok lambannya penyaluran bantuan sosial kepada masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Mulai dari ketersediaan dana, hingga penyaluran itu sendiri.

Hal tersebut dikemukakan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dalam konferensi pers usai rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Ada 3 masalah yang harus diurai dan sudah diurai,” kata Muhadjir, Selasa (19/5/2020).

Pertama, persoalan ketersediaan dana yang disalurkan. Muhadjir mengatakan alokasi anggaran yang berada di Kementerian Sosial memang tidak ada masalah, namun berbeda dengan alokasi dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

“Kemendes masih bermasalah dari dana desa yang sudah diterima desa. Ada 53.156 desa, terima dana 70,9%. Sisanya 21.997 desa belum terima dana ini. Perlu kita tangani duluan,” katanya.

Lantas, bagaimana menyikapi persoalan ini? Muhadjir mengatakan lambannya proses pencairan dana karena faktor prosedur. Namun, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati telah setuju memangkas seluruh prosedur tersebut.

“Faktor handicap di Permenkeu, dan bu Menkeu menyanggupi ada pemangkasan prosedur jadi 21.997 desa ini bisa dapat BLT desa. Dari 53.136 tadi, yang baru menyalurkan kepada keluarga penerima manfaat 12.029 atau 17%. Selisihnya akan kita kejar,” katanya.

Kedua, mengenai data. Muhadjir mengatakan Kementerian Desa tidak bisa menyalurkan bantuan sosial karena berbenturan dengan bantuan sosial yang disalurkan melalui Kementerian Sosial.

“Jadi harus ada koordinasi yang bagus, yang harus dibantu dari desa. Cari data orang miskin juga tidak mudah. Salurkan dana mudah, tapi data orang miskin sesuai dengan ketentuan ketat, tidak mudah,” katanya.

“Mohon dimaklumi, sesuai arahan Presiden jelang lebaran atau awal lebaran dana Kemensos dan Kemendes dapat tersalurkan,” jelasnya.

Ketiga, yang berkaitan dengan sistem penyaluran bantuan sosial. Muhadjir mengatakan, selama ini data yang sudah dihimpun RT/RW harus mendapatkan verifikasi dari pemerintah kabupaten/kota sebelum diturunkan menjadi data penerima bantuan sosial.

“Kita sepakati semua, data yang dihimpun untuk Kemensos dan Kemendes tidak diharuskan diverifikasi dulu di tingkat kabupaten kota,” tegasnya.

“Kepada bupati, walikota, mohon dimaklumi, disadari terhadap kebijakan ini untuk mengeliminasi moral hazard tanpa verfikasi di kabupaten kota,” tegasnya. (Idnpro.co/RAT)(*)

IDNPRO19/05/2020

Sumber: CNBCIndonesia.com

Terkait

Apresiasi Pemkab Malang, KD Menyebutkan Presiden Jokowi Akan Turun Langsung ke Lokasi Gempa Malang

April 25, 2021

Jawa Timur, -Apresiasi Pemkab Malang, KD Menyebutkan Presiden Jokowi Akan Turun Langsung ke Lokasi Gempa Malang. Anggota DPR RI Dapil V Malang Raya Fraksi PDIP yang juga merupakan Diva Indonesia,...

Kapolri: Polri Beri Kekuatan Terbaik Bantu Cari KRI Nanggala 402

April 24, 2021

BALI- Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan, Polri akan memberikan yang terbaik dalam upaya pencarian kapal selam KRI Nanggala 402 yang hilang di perairan Bali. Saat ini, kata Sigit, Polri...

Terima Uang Sogokan Ratusan Juta Ditresnarkoba Bebaskan AMR Tumbalkan RUS

April 12, 2021

KALTENG - Penangkapan terhadap berinisial RUS oleh Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Kalteng, disoal pihak keluarga karena dianggap janggal. ‎ Menurut Triyono, kepada media .........

Presiden Jokowi Resmikan Bandara Toraja

Maret 18, 2021

TORAJA_Dalam kesempatan yang sama, Presiden turut meresmikan secara virtual Bandara Pantar di Nusa Tenggara Timur_ Peningkatan aksesibilitas dan konektivitas transportasi penting artinya untuk...

Diduga Melakukan Selingkuh Oknum Lurah di Mangunan Bantul Digerebek Warganya 

Maret 7, 2021

BANTUL, – Merasa geram dengan perilaku Lurah yang diduga telah melakukan perselingkuhan dengan salah satu warga, malam tadi, Minggu (7/3/2021), sekitar 100 warga dari 6 dusun (cempluk, mangunan,...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments