Berita Istana - Berita Terbaru dan Terpercaya

Gelar Sosialisasi, Bawaslu Boyolali Ajak Alumni SKPP untuk Bangun Kesadaran Pengawasan Partisipatif Warga dalam Pilkada

Gelar Sosialisasi, Bawaslu Boyolali Ajak Alumni SKPP untuk Bangun Kesadaran Pengawasan Partisipatif Warga dalam Pilkada

Rabu, 7 Oktober 2020 | 14:51

Kabupaten Boyolali – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Boyolali menggelar kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020 bertempat di Aula Kantor Bawaslu Kabupaten Boyolali, Rabu (7/10/2020)siang.

Kegiatan sosialisasi ini diperuntukkan bagi alumni Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) Kabupaten Boyolali Angkatan Tahun 2020.

Menurut Komisioner Bawaslu, Divisi Pengawasan, Humas dan Hubal, Rubiyanto menjelaskan, kegiatan yang digelar bersama Alumni SKPP itu untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi warga dalam pengawasan partisipatif terhadap tahapan Pilkada atau Pemilukada (Pemilihan Kepala Daerah) serentak yang akan digelar Desember mendatang.

“Dalam upaya melibatkan peran dan partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu, Balawaslu Boyolali mengadakan sosialisasi pengawasan partisipatif dimana pesertanya adalah alumni SKPP di Kabupaten Boyolali,” kata Rubi.

Ia mengakui tujuan awal kegiatan tersebut sebenarnya untuk bertatap muka dengan peserta SKPP Kabupaten Boyolali Angkatan 2020. Hal itu, lanjut Rubi, sebab selama ini peserta SKPP belum pernah melakukan tatap muka dalam proses belajar, mengingat proses belajar dilakukan secara daring.

“Tujuan utama kegiatan hari ini adalah sebenarnya karena selama ini peserta itu mengikuti SKPP secara daring dan belum pernah melakukan secara tatap muka, maka hari ini kami mengumpulkan peserta SKPP dengan tatap muka tapi tetap dengan mengacu pada protokoler kesehatan,” ungkapnya.

Bawaslu dalam melakukan pengawasan sangat terbatas. Oleh karena itu, Bawaslu Boyolali perlu mengajak alumni SKPP terlibat melakukan sosialisasi dalam rangka mensukseskan agenda pemilihan bupati dan wakil bupati mendatang. Hal ini merupakan tanggungjawab bersama selaku warga negara.

Selain itu, Rubi juga menambahkan kegiatan sosialisasi ini merupakan upaya menyiapkan kader-ader pengawasan partisipatif dengan mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk ikut serta dalam melakukan pengawasan pemilu kada di kabupaten boyolali.

“Dalam rangka penguatan dan meningkatkan kemampuan mereka terhadap materi-materi kemarin yang sudah didapat pada waktu mengikuti SKPP, harapannya adalah mereka lebih mengetahui terkait dengan tugas pokok dan fungsi pengawasan pemilu atau pilkada, sehingga nanti masyarakat diharapkan terlibat dalam proses pelaksaaan pengawasan. Dan yang kedua ini di dalam sarana menyambung uapaya menyiapkan kader-ader pengawasan partisipatif dengan mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk ikut serta dalam melakukan pengawasan pemilu kada di kabupaten boyolali,” pungkasnya.

Sosialisasi semacam ini akan terus dilakukan dalam rangka memperkuat peran pengawasan partisipatif warga dalam Pilkada serentak nanti.

Diketahui Pilkada serentak yang akan digelar pada 9 Desember 2020 mendatang. (Toriq)

Terkait

Presiden: Lakukan Pembangunan Pertanian Dengan Skala yang Lebih Luas

Januari 11, 2021

JAKARTA --| Presiden: Lakukan Pembangunan Pertanian dengan Skala yang Lebih Luas. Pada 11 Januari 2021 Presiden Jokowi saat meresmikan Pembukaan Rakernas Pembangunan Pertanian Tahun 2021, Senin...

BABINSA BERI WASBANG SECARA VIRTUAL

Oktober 26, 2020

Boyolali,- Mengingat pentingnya wawasan kebangsaan bagi siswa, juga kondisi yang tidak memungkinkan untuk melangsungkan kegiatan belajar mengajar dengan bertatap muka, saat ini Babinsa Koramil...

Dirlantas Polda Metro Jaya Siapkan Pos Pengamanan Saat Cuti Bersama

Oktober 25, 2020

Jakarta| Dirlantas Polda Metro Jaya siapkan Sebanyak 15 pos pengamanan disiapkan Polda Metro Jaya saat libur cuti bersama. Titik posko tersebar di jalan tol dan beberapa titik jalan...

Oknum Polri Berpangkat Kompol Jadi Kurir Narkotika

Oktober 25, 2020

Pekanbaru, |Dirresnarkoba Polda Riau Pengungkapan kasus narkoba jenis sabu yang melibatkan anggota Polri dengan barang bukti sebanyak 16 kilogram, dan mengamankan dua tersangka, pengungkapan...

Pemdes Arse Simatorkis Tentukan Titik Rencana Pembangunan Jembatan Gantung

Oktober 24, 2020

Sabtu, 24 Okt 2020 | Penulis : Bonardon Padang Lawas,-Pemerintahan Desa Arse (Pemdes) Simatorkis Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas (Palas) tentukan titik rencana pembangunan jembatan gantung...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments