Berita Istana - Berita Terbaru dan Terpercaya

Ganjar Segera Luncurkan Bank Khusus UMKM dan Petani

Selasa 5 November 2019 14:32
Editor : Warsito Nusantoro Pamungkas

SEMARANG,-Pemprov Jateng sedang membangun bank yang dikhususkan untuk pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) serta petani. Bank baru tersebut diharapkan dapat selesai persiapannya akhir tahun ini sehingga tahun depan bisa beroperasi.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, untuk membentuk bank khusus UMKM dan petani itu digabungkanlah 29 Bank Perkreditan Rakyat dan Bank Kredit Kecamatan (BPR BKK).

“Mudah-mudahan masyarakat bisa menggunakan fungsi intermediasi perbankan ini dengan baik. Nanti mereka (bank baru) saya minta khusus untuk mengurusi UKM dan didalami dengan kekuatan modal yang ada,” kata Ganjar, Senin (4/10) kemarin.

Saat ini proses marger telah sampai di Otoritas Jasa Keuangan. Selain itu keberadaan bank baru tersebut juga telah diperkuat dengan Perda. Layaknya Bank Jateng, program dari bank baru yang bakal diluncurkan itupun untuk memperkuat permodalan pelaku UKM.

“Hari ini ada program mirip Mitra Jateng 25. Namun jika MJ 25 menerapkan bunga 7 persen, ini 8 persen suku bunganya. Sudah jalan mungkin belum populer. Maka dengan merger ini kita harapkan bisa lebih dikonsolidasikan dengan baik,” katanya.

Ganjar berharap proses persiapan pembentukan bank itu akan selesai akhir tahun ini sehingga tahun depan bisa jalan. Di tahap awal, melalui merger akan terkumpul aset sebesar Rp. 2,3 triliun dan akan berkembang secara bertahap sesuai dengan kemampuan Pemprov maupun pemegang saham lainnya, yakni kabupaten/kota.

“Saya minta Bank Pembina yaitu Bank Jateng membantu agar mergernya lebih bisa menggunakan sistem dan manajemen yang modern. Jadi kalau ada kesalahan bisa langsung terdeteksi. Teknologi informasi disiapkan,” katanya.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ©2019 Merdeka.com

Ganjar pun memiliki tiga harapan besar terhadap bank baru tersebut. Yakni konsolidasi permodalan, manajemen yang modern. Selain itu juga pelayanan lebih baik untuk menangani UKM.

“Kita berharap menjadi merger BPR BKK yang mengkonsolidasikan seluruh kekuatan perbankan kita, sehingga dari sisi permodalan lebih kuat jejaring juga lebih terkonsolidasi,” katanya.

Dilansir : (mdk/hhw) Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ©2019 Merdeka.com

Presiden Joko Widodo Bersama Bambang Samekto
Warsito Nusantoro Pamungkas | Sri Uminah

Terkait

Apresiasi Pemkab Malang, KD Menyebutkan Presiden Jokowi Akan Turun Langsung ke Lokasi Gempa Malang

April 25, 2021

Jawa Timur, -Apresiasi Pemkab Malang, KD Menyebutkan Presiden Jokowi Akan Turun Langsung ke Lokasi Gempa Malang. Anggota DPR RI Dapil V Malang Raya Fraksi PDIP yang juga merupakan Diva Indonesia,...

Kapolri: Polri Beri Kekuatan Terbaik Bantu Cari KRI Nanggala 402

April 24, 2021

BALI- Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan, Polri akan memberikan yang terbaik dalam upaya pencarian kapal selam KRI Nanggala 402 yang hilang di perairan Bali. Saat ini, kata Sigit, Polri...

Terima Uang Sogokan Ratusan Juta Ditresnarkoba Bebaskan AMR Tumbalkan RUS

April 12, 2021

KALTENG - Penangkapan terhadap berinisial RUS oleh Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Kalteng, disoal pihak keluarga karena dianggap janggal. ‎ Menurut Triyono, kepada media .........

Presiden Jokowi Resmikan Bandara Toraja

Maret 18, 2021

TORAJA_Dalam kesempatan yang sama, Presiden turut meresmikan secara virtual Bandara Pantar di Nusa Tenggara Timur_ Peningkatan aksesibilitas dan konektivitas transportasi penting artinya untuk...

Diduga Melakukan Selingkuh Oknum Lurah di Mangunan Bantul Digerebek Warganya 

Maret 7, 2021

BANTUL, – Merasa geram dengan perilaku Lurah yang diduga telah melakukan perselingkuhan dengan salah satu warga, malam tadi, Minggu (7/3/2021), sekitar 100 warga dari 6 dusun (cempluk, mangunan,...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments