Berita Istana - Berita Terbaru dan Terpercaya

Ganjar Resmikan 8 Sekolah dan Masjid Bantuan Jateng di Sulteng

Ganjar Resmikan 8 Sekolah dan Masjid Bantuan Jateng di Sulteng

Rabu 29 Januari 2020| Sumber ; Pemprov Jateng | Editor : Tri Widodo

BERITAISTANA.COM

SIGIGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meresmikan 8 sekolah dan masjid di Palu, Sigi dan Donggala (Pasigala), Sulawesi Tengah, Rabu (29/1/2020). Sekolah dan masjid itu dibangun dari donasi masyarakat yang terkumpul melalui Palang Merah Indonesia (PMI) Jateng untuk korban gempa Palu.

Ganjar mengatakan, bantuan itu diberikan bukan karena Jawa Tengah adalah provinsi yang kaya dan memiliki pendapatan besar, melainkan karena didorong rasa persaudaraan untuk saling membantu.

“Apakah Jateng provinsi kaya? Tidak. Duitnya banyak? Tidak. Tapi kami sedang belajar kaya hati. Tangan butuh bergandengan. Bukan mencaci, bukan menyalahkan tapi saling membantu. Kalau mencaci bisa menyelesaikan persoalan, mari mencaci setiap hari,” kata Ganjar saat meresmikan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Alkhairaat Biromaru Desa Mpanau Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi.

Ganjar Resmikan 8 Sekolah dan Masjid Bantuan Jateng di Sulteng

Ganjar masih ingat betul pengalamannya melihat kerusakan yang timbul akibat gempa yang terjadi di Pasigala. Maka dia berpesan agar para kepala daerah mampu mengendalikan lingkungan, memperhatikan AMDAL dan melestarikan kearifan lokal.

“Saya ke sini dulu dan melihat sendiri bagaimana hebatnya bencana di Pasigala. Kita selalu ingat kerusakan di bumi karena ulah manusia. Maka sebagai pimpinan daerah kita harus mampu mengendalikan lingkungan, tata ruang, AMDAL, termasuk kearifan lokal,” pesan Ganjar.

Dia berpesan agar nantinya siswa diberi pelatihan tanggap bencana. Sehingga ketika bencana kembali terjadi, mereka telah terlatih untuk menyelamatkan diri dan sesamanya dengan cepat.

“Di Amerika dan Jepang, pelatihan tanggap bencana itu cukup 2 kali setahun. Padahal di Jepang tiap hari terjadi bencana. Jadi ini penting agar anak-anak terlatih cepat menyelamatkan diri kalau terjadi bencana,” saran Ganjar.

Ketua PMI Jateng Imam Triyanto menambahkan, dana masyarakat yang terhimpun di PMI Jateng sebanyak Rp 3,6 miliar. Bantuan itu diwujudkan menjadi 8 bangunan sekolah, panti asuhan dan masjid. Sebanyak 5 bangunan dibangun di Sigi, yakni MTs Alkhairaat Biromaru, TK Harapan Bangsa, TK Al Amanah, Masjid Tarbiyatul Qur’an Sigi Biromaru dan Masjid Rahmatullah Lonja Tanambulava.

Di Palu, bantuan diberikan untuk pembangunan Panti Asuhan Al Insan Petobo Palu Selatan dan SD Nurul Islam Lambara Taweli. “Di Donggala, bantuan diberikan untuk renovasi MI Nahdlatul Khairaat di Desa Labuan Lelea Kecamatan Labuan,” ujar Imam.

Bupati Sigi Mohamad Irwan mengapresiasi bantuan yang diberikan Ganjar dan seluruh warga Jawa Tengah. Menurutnya, tanpa bantuan tersebut Sigi tidak bisa pulih dengan cepat. “Butuh Rp 11 triliun untuk membangun kembali semuanya. Tanpa bantuan dari pihak luar, kami tidak bisa recovery dengan cepat,” kata Irwan.

Sekretaris PP Alkhairat Ridwan Yalidjama turut mengapresiasi Ganjar yang membantu berdirinya sekolah, masjid dan pendidikan Alquran. “Yang utama memang ilmu dan akhlak. Maka sudah tepatlah kalau bantuan ini dikhususkan untuk pembangunan sekolah, masjid, dan pendidikan Alquran. Saya berterimakasih bapak gubernur,” ucap Ridwan.

Terkait

Apresiasi Pemkab Malang, KD Menyebutkan Presiden Jokowi Akan Turun Langsung ke Lokasi Gempa Malang

April 25, 2021

Jawa Timur, -Apresiasi Pemkab Malang, KD Menyebutkan Presiden Jokowi Akan Turun Langsung ke Lokasi Gempa Malang. Anggota DPR RI Dapil V Malang Raya Fraksi PDIP yang juga merupakan Diva Indonesia,...

Kapolri: Polri Beri Kekuatan Terbaik Bantu Cari KRI Nanggala 402

April 24, 2021

BALI- Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan, Polri akan memberikan yang terbaik dalam upaya pencarian kapal selam KRI Nanggala 402 yang hilang di perairan Bali. Saat ini, kata Sigit, Polri...

Terima Uang Sogokan Ratusan Juta Ditresnarkoba Bebaskan AMR Tumbalkan RUS

April 12, 2021

KALTENG - Penangkapan terhadap berinisial RUS oleh Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Kalteng, disoal pihak keluarga karena dianggap janggal. ‎ Menurut Triyono, kepada media .........

Presiden Jokowi Resmikan Bandara Toraja

Maret 18, 2021

TORAJA_Dalam kesempatan yang sama, Presiden turut meresmikan secara virtual Bandara Pantar di Nusa Tenggara Timur_ Peningkatan aksesibilitas dan konektivitas transportasi penting artinya untuk...

Diduga Melakukan Selingkuh Oknum Lurah di Mangunan Bantul Digerebek Warganya 

Maret 7, 2021

BANTUL, – Merasa geram dengan perilaku Lurah yang diduga telah melakukan perselingkuhan dengan salah satu warga, malam tadi, Minggu (7/3/2021), sekitar 100 warga dari 6 dusun (cempluk, mangunan,...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments