Berita Istana - Berita Terbaru dan Terpercaya

Ganjar Instruksikan Bupati/Wali Kota Beri Gaji Guru Honorer Setara UMK

Selasa 26 November 2019| Editor|Warsito Nusantoro Pamungkas

Semarang – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menginstruksikan agar memberikan gaji minimal setara upah minimum kabupaten (UMK) kepada guru tidak tetap (GTT) atau honorer.

Instruksi ini diberikan karena Ganjar merasa prihatin masih banyak guru yang tingkat kesejahteraanya masih rendah. Bahkan ada guru tidak tetap yang gajinya hanya ratusan ribu rupiah.

Ganjar juga menegaskan jangan lagi ada guru tidak tetap menerima gaji hanya Rp200 ribu atau Rp300 ribu.

“Guru tidak tetap itu belum UMK. Karena dia belum UMK, saya minta mbok di UMK-kan. UMK dulu saja,” katanya, Selasa (26/11/2019).

Karena jika tidak bisa menaikkan gaji guru setara dengan UMK, Ganjar mengatakan pemerintah telah bertindak zalim. Alasan tidak punya anggaran menurut Ganjar saat ini sudah tidak relevan.

Saat ini kewenangan kabupaten maupun kota adalah SMP dan SD, sementara untuk SMA dan SMK, yang semua guru tidak tetapnya sudah bergaji UMK berada di bawah kewenangan pemerintah provinsi (pemprov).

“Kita tetapkan UMK untuk swasta (perusahaan swasta), masak yang bekerja di tempat kita sendiri kok tidak. Bagaimana caranya?. Karena banyak yang merasa tidak punya uang,” katanya.

Ganjar pun menginstruksikan kepada bupati dan wali kota agar membuat roadmap secara bertahap. Kalau pun tidak bisa menyetarakan dengan UMK, minimal pada guru mendapat kenaikan gaji.

Untuk Pemprov Jateng, saat ini telah menganggarkan sebesar Rp 6,08 triliun untuk pendidikan dan bakal mengalami peningkatan Rp6,77 triliun di tahun 2020. “Kalau tidak bisa, buat roadmap secara bertahap. Tapi jangan tidak naik,” pungkasnya.

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Dilansir MURIANEWS.com

Terkait

Warganya Kesulitan Ekonomi Kepala Dusun Cuek Pengusaha Muda Turun Tangan Bantu Warga

Maret 1, 2021

  KOPI Jembrana – Kondisi Pandemi Covid-19 membuat banyak warga menjerit. Keadaan ekonomi yang sulit memunculkan tekanan psikologis masyarakat di mana-mana. Bencana kemanusiaan sedang...

Menhub Tinjau Tirtonadi, Gibran Tekankan Pembangunan Lantai 2 Terminal Akan Jadi Pusat Kegiatan Produktif

Februari 28, 2021

SOLO, - Menhub Tinjau Tirtonadi, Gibran Tekankan Pembangunan Lantai 2 Terminal Akan Jadi Pusat Kegiatan Produktif. Menhub Ir. Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan kerja di Kota Solo, Minggu...

Hadiri Peresmian Hunian Sementara (HUNTARA) Desa Tumanggal Rofik Kembali Berikan Bantuan

Februari 28, 2021

  Purbalingga (28/02) - Anggota DPR RI Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS) Rofik Hananto menghadiri acara peresmian Hunian Sementara (Huntara) yang terletak di Dusun Pagersari Desa...

Menhub Kunjungan di Solo, Gibran Minta Percepat Realisasi Elevasi Rel di Joglo

Februari 28, 2021

SOLO, - Menhub Kunjungan di Solo, Gibran Minta Percepat Realisasi Elevasi Rel di Joglo. Kunjungan Menhub Ir. Budi Karya Sumadi di Kota Solo, Minggu (28/2/2021) dimanfaatkan baik oleh jajaran Pemkot...

Gibran Salurkan 500 Paket Sembako ke DPP Pasoepati, Maryadi Gondrong: Kami Siap Dukung Kebijakan Olahraga

Februari 28, 2021

SOLO, -Gibran Salurkan 500 Paket Sembako ke DPP Pasoepati, Maryadi Gondrong: Kami Siap Dukung Kebijakan Olahraga . Gibran Rakabuming Raka menyambangi Sekretariat sementara DPP Pasoepati, di Laweyan....

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments