Berita Istana - Berita Terbaru dan Terpercaya

Dugaan Pungli  dan Tindakan Penahanan Sertifikat PTSL Oleh Panitia Desa Brati Pati

Dugaan Pungli  dan Tindakan Penahanan Sertifikat PTSL Oleh Panitia Desa Brati Pati

Berita Istana | Pati – Program nasional Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang seharusnya ditujukan untuk memudahkan warga mengurus sertifikat tanah, justru menjadi lahan pungutan liar (pungli) bagi segelintir oknum. Seperti yang terjadi di Desa Brati, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati Jawa Tengah (jateng) keluhkan sertifikat PTSL tahun 2019 yang tak kunjung dibagikan oleh pihak panitia, 23/6/2020.

Data yang dihimpun media, Desa Brati tahun 2019 mendapat jatah kuota program PTSL sebanyak 1200 bidang dengan biaya yang dibebankan kepada pemohon 650 ribu per bidang, akan tetapi sampai saat ini ada sejumlah sertifikat yang masih ditahan dan belum dibagikan oleh panitia dengan alasan yang tidak jelas.

Keluhan warga bukan tanpa alasan, karena selain sudah mengeluarkan biaya yang terlalu tinggi, hingga saat ini sebagian warga belum juga menerima sertifikat program PTSL tahun 2019, dan biaya yang dibebankan kepada pemohon dinilai tidak sesuai dengan SKB 3 Menteri, dimana untuk pulau jawa dan bali biaya pembuatan sertifikat PTSL hanya 150 ribu.

” sertifikat yang belum dibagikan sampai saat ini masih banyak, ada sekitar 90 an dan pihak panitia tidak memberi penjelasan kenapa sertifikat belum juga dibagikan.” Ungkap warga Brati yang enggan dipublikasikan namanya.

Parahnya lagi, meski warga sudah menyetorkan biaya sertifikasi, namun hingga saat ini warga belum menerima sertifikat yang dijanjikan. Selain adanya pengakuan warga, hal tersebut juga terlihat saat sejumlah wartawan mendatangi Desa Brati.

Masih menurut warga, permasalahan tidak sampai disitu, waktu pendaftaran PTSL, warga pemohon sertifikat PTSL dibebani biaya yang sangat tinggi,” kami harus membayar biaya pendaftaran serrtifikat PTSL 650 ribu bahkan ada yang sampai 900 ribu, ini pungli namanya, tidak sesuai dengan SKB 3 Menteri.” Kata warga Brati dengan geram.

Warga berharap aparat penegak hukum tidak tutup mata dan berpangku tangan untuk menindak tegas dugaan pungli progam PTSL dan di proses sesui hukum yang berlaku,” kepada aparat penegak hukum jangan hanya diam dan berpangku tangan, usut tuntas pungli PTSL didesa kami.” Harapnya.

Sampai berita ini diturunkan, baik kades maupaun pihak panitia ketika dikonfirmasi oleh media melalui sambungan telepon tidak ada tanggapan terkait permasalahan yang ada didesanya.
( * )

Terkait

Warganya Kesulitan Ekonomi Kepala Dusun Cuek Pengusaha Muda Turun Tangan Bantu Warga

Maret 1, 2021

  KOPI Jembrana – Kondisi Pandemi Covid-19 membuat banyak warga menjerit. Keadaan ekonomi yang sulit memunculkan tekanan psikologis masyarakat di mana-mana. Bencana kemanusiaan sedang...

Menhub Tinjau Tirtonadi, Gibran Tekankan Pembangunan Lantai 2 Terminal Akan Jadi Pusat Kegiatan Produktif

Februari 28, 2021

SOLO, - Menhub Tinjau Tirtonadi, Gibran Tekankan Pembangunan Lantai 2 Terminal Akan Jadi Pusat Kegiatan Produktif. Menhub Ir. Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan kerja di Kota Solo, Minggu...

Hadiri Peresmian Hunian Sementara (HUNTARA) Desa Tumanggal Rofik Kembali Berikan Bantuan

Februari 28, 2021

  Purbalingga (28/02) - Anggota DPR RI Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS) Rofik Hananto menghadiri acara peresmian Hunian Sementara (Huntara) yang terletak di Dusun Pagersari Desa...

Menhub Kunjungan di Solo, Gibran Minta Percepat Realisasi Elevasi Rel di Joglo

Februari 28, 2021

SOLO, - Menhub Kunjungan di Solo, Gibran Minta Percepat Realisasi Elevasi Rel di Joglo. Kunjungan Menhub Ir. Budi Karya Sumadi di Kota Solo, Minggu (28/2/2021) dimanfaatkan baik oleh jajaran Pemkot...

Gibran Salurkan 500 Paket Sembako ke DPP Pasoepati, Maryadi Gondrong: Kami Siap Dukung Kebijakan Olahraga

Februari 28, 2021

SOLO, -Gibran Salurkan 500 Paket Sembako ke DPP Pasoepati, Maryadi Gondrong: Kami Siap Dukung Kebijakan Olahraga . Gibran Rakabuming Raka menyambangi Sekretariat sementara DPP Pasoepati, di Laweyan....

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments