Berita Istana - Berita Terbaru dan Terpercaya

Ditanya soal Gibran-Bobby Dikaitkan Dinasti Politik, Ini Jawaban Ganjar Pranowo

Jumat 06 Desember 2019, 14:13 WIB| Editor ; Warsito Nusantoro Pamungkas

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat di Solo, kemarin. (Bayu Ardi Isnanto/detikcom)Putra dan menantu Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka dan Bobby Nasution, siap maju Pilkada 2020. Ada yang berkomentar dan menghubungkan dengan politik dinasti. Ditanya soal itu, apa komentar Ganjar Pranowo?

“Ya, tanya sama dia saja,” kata Ganjar sembari tersenyum dan menghampiri Menteri Perdagangan yang ada di rumah dinasnya, Semarang, Jumat (6/12/2019).

Ganjar tidak menjelaskan lebih lanjut soal komentarnya termasuk siapa ‘dia’ yang dimaksud.


Untuk diketahui, Gibran rencananya akan segera mendaftar penjaringan Pilwalkot Solo 2020 lewat DPD PDIP Jateng. Sedangkan Bobby maju Pilwalkot Medan dan sudah mendaftar penjaringan lewat PDIP.

Terkait hal itu, Presiden PKS Sohibul Iman sempat menyinggung soal dinasti politik yang bisa mengganggu demokrasi.

“Ya kita sebagai pihak yang concern dengan masalah demokrasi, kan demokrasi yang ingin kita bangun demokrasi substansial ya, bukan prosedural, tentu harus terbebas dari distorsi,” kata Sohibul di Hotel Sahid Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Kamis (5/12).

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat di Solo, kemarin. (Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Sohibul mengatakan adanya dinasti politik akan menimbulkan distorsi yang besar. Dia berharap dinasti politik jangan dikembangkan di negara demokrasi.


“Memang kalau ada dinasti ya distorsi akan besar. Jadi saya kira alangkah baiknya kita jangan mengembangkan dinasti. Tapi benar berbasiskan merit system,” kata dia.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko sebelumnya meminta agar tidak menjustifikasi ada politik dinasti dalam pencalonan Gibran maupun Bobby.

“Anggapan itu kan perlu diluruskan. Ini kan proses pembelajaran politik bagi masyarakat. Jadi jangan terus menjustifikasi dinasti politik. Kalau di dalam politik itu, itu saja ketentuannya,” kata Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (4/12). (sip/alg)

Dilansir dari : Angling Adhitya Purbaya – detikNews

Terkait

Presiden: Lakukan Pembangunan Pertanian Dengan Skala yang Lebih Luas

Januari 11, 2021

JAKARTA --| Presiden: Lakukan Pembangunan Pertanian dengan Skala yang Lebih Luas. Pada 11 Januari 2021 Presiden Jokowi saat meresmikan Pembukaan Rakernas Pembangunan Pertanian Tahun 2021, Senin...

BABINSA BERI WASBANG SECARA VIRTUAL

Oktober 26, 2020

Boyolali,- Mengingat pentingnya wawasan kebangsaan bagi siswa, juga kondisi yang tidak memungkinkan untuk melangsungkan kegiatan belajar mengajar dengan bertatap muka, saat ini Babinsa Koramil...

Dirlantas Polda Metro Jaya Siapkan Pos Pengamanan Saat Cuti Bersama

Oktober 25, 2020

Jakarta| Dirlantas Polda Metro Jaya siapkan Sebanyak 15 pos pengamanan disiapkan Polda Metro Jaya saat libur cuti bersama. Titik posko tersebar di jalan tol dan beberapa titik jalan...

Oknum Polri Berpangkat Kompol Jadi Kurir Narkotika

Oktober 25, 2020

Pekanbaru, |Dirresnarkoba Polda Riau Pengungkapan kasus narkoba jenis sabu yang melibatkan anggota Polri dengan barang bukti sebanyak 16 kilogram, dan mengamankan dua tersangka, pengungkapan...

Pemdes Arse Simatorkis Tentukan Titik Rencana Pembangunan Jembatan Gantung

Oktober 24, 2020

Sabtu, 24 Okt 2020 | Penulis : Bonardon Padang Lawas,-Pemerintahan Desa Arse (Pemdes) Simatorkis Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas (Palas) tentukan titik rencana pembangunan jembatan gantung...