Berita Istana - Berita Terbaru dan Terpercaya

Ditanya soal Gibran-Bobby Dikaitkan Dinasti Politik, Ini Jawaban Ganjar Pranowo

Jumat 06 Desember 2019, 14:13 WIB| Editor ; Warsito Nusantoro Pamungkas

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat di Solo, kemarin. (Bayu Ardi Isnanto/detikcom)Putra dan menantu Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka dan Bobby Nasution, siap maju Pilkada 2020. Ada yang berkomentar dan menghubungkan dengan politik dinasti. Ditanya soal itu, apa komentar Ganjar Pranowo?

“Ya, tanya sama dia saja,” kata Ganjar sembari tersenyum dan menghampiri Menteri Perdagangan yang ada di rumah dinasnya, Semarang, Jumat (6/12/2019).

Ganjar tidak menjelaskan lebih lanjut soal komentarnya termasuk siapa ‘dia’ yang dimaksud.


Untuk diketahui, Gibran rencananya akan segera mendaftar penjaringan Pilwalkot Solo 2020 lewat DPD PDIP Jateng. Sedangkan Bobby maju Pilwalkot Medan dan sudah mendaftar penjaringan lewat PDIP.

Terkait hal itu, Presiden PKS Sohibul Iman sempat menyinggung soal dinasti politik yang bisa mengganggu demokrasi.

“Ya kita sebagai pihak yang concern dengan masalah demokrasi, kan demokrasi yang ingin kita bangun demokrasi substansial ya, bukan prosedural, tentu harus terbebas dari distorsi,” kata Sohibul di Hotel Sahid Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Kamis (5/12).

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat di Solo, kemarin. (Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Sohibul mengatakan adanya dinasti politik akan menimbulkan distorsi yang besar. Dia berharap dinasti politik jangan dikembangkan di negara demokrasi.


“Memang kalau ada dinasti ya distorsi akan besar. Jadi saya kira alangkah baiknya kita jangan mengembangkan dinasti. Tapi benar berbasiskan merit system,” kata dia.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko sebelumnya meminta agar tidak menjustifikasi ada politik dinasti dalam pencalonan Gibran maupun Bobby.

“Anggapan itu kan perlu diluruskan. Ini kan proses pembelajaran politik bagi masyarakat. Jadi jangan terus menjustifikasi dinasti politik. Kalau di dalam politik itu, itu saja ketentuannya,” kata Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (4/12). (sip/alg)

Dilansir dari : Angling Adhitya Purbaya – detikNews

Terkait

Apresiasi Pemkab Malang, KD Menyebutkan Presiden Jokowi Akan Turun Langsung ke Lokasi Gempa Malang

April 25, 2021

Jawa Timur, -Apresiasi Pemkab Malang, KD Menyebutkan Presiden Jokowi Akan Turun Langsung ke Lokasi Gempa Malang. Anggota DPR RI Dapil V Malang Raya Fraksi PDIP yang juga merupakan Diva Indonesia,...

Kapolri: Polri Beri Kekuatan Terbaik Bantu Cari KRI Nanggala 402

April 24, 2021

BALI- Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan, Polri akan memberikan yang terbaik dalam upaya pencarian kapal selam KRI Nanggala 402 yang hilang di perairan Bali. Saat ini, kata Sigit, Polri...

Terima Uang Sogokan Ratusan Juta Ditresnarkoba Bebaskan AMR Tumbalkan RUS

April 12, 2021

KALTENG - Penangkapan terhadap berinisial RUS oleh Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Kalteng, disoal pihak keluarga karena dianggap janggal. ‎ Menurut Triyono, kepada media .........

Presiden Jokowi Resmikan Bandara Toraja

Maret 18, 2021

TORAJA_Dalam kesempatan yang sama, Presiden turut meresmikan secara virtual Bandara Pantar di Nusa Tenggara Timur_ Peningkatan aksesibilitas dan konektivitas transportasi penting artinya untuk...

Diduga Melakukan Selingkuh Oknum Lurah di Mangunan Bantul Digerebek Warganya 

Maret 7, 2021

BANTUL, – Merasa geram dengan perilaku Lurah yang diduga telah melakukan perselingkuhan dengan salah satu warga, malam tadi, Minggu (7/3/2021), sekitar 100 warga dari 6 dusun (cempluk, mangunan,...