Berita Istana - Berita Terbaru dan Terpercaya

Dana Desa di Bengkalis Rp.85 Milyar diduga Menguap

Rp 85 Milyar Dana Desa di Bengkalis Diduga ” Menguap “

8.1K20

FOTO/IST-ILUSTRASI

 

Dikutib dari-aktual.com Minggu 5 Januari 2020-BERITAistana.com

BENGKALIS,-102 Desa di Kabupaten Bengkalis diduga bermasalah dalam penggunaan dana yang bersumber dari APBN maupun APBD Kabupaten Bengkalis tahun 2018, pasalnya sejumlah Desa tersebut pada akhir periode pemeriksaan oleh auditor BPK RI Perwakilan Riau tidak dapat mempertanggung jawabkan realisasi anggaran tahun 2018.

 

Dana yang tidak dapat dipertanggung jawabkan oleh 102 Desa itu tidak tanggung-tanggung, mencapai Rp 85 Miliar rupiah lebih, sebagaimana disebutkan dalam temuan BPK dalam LHP nya tahun 2018.

 

Bahkan atas temuan tersebut BPK telah merekomendasi Bupati Bengkalis agar memerintahkan kepala DPMD Bengkalis supaya memerintahkan tenaga pendamping untuk lebih optimal dalam mendampingi Desa dalam menyusun laporan pertanggung jawaban.

 

Atas temuan ini BPK menyebutkan, bahwa BPK dalam LHP nya mengatakan  dana sebesar itu sangat berpotensi disalahgunakan, atau tidak sesuai peruntukan.

 

Atas informasi BPK ini, awak media ini mencoba konfirmasi kepada Bupati Bengkalis, melalui kepala DPMD Bengkalis, Zulhelmi. Menanggapi awak media via telepon selulernya, Zulhelmi meminta redaksi AKTUAL untuk melayangkan surat Konfirmasi agar pihaknya dapat memberikan jawaban sesuai dengan pertanyaan media, namun lebih dari 14 hari setelah itu, hingga berita ini dimuat, Zulhelmi justru merespon awak media ini melalui kontributor Aktual di Bengkalis dengan mengatakan, pihaknya mempersilakan media untuk memberitakan perihal tersebut.

 

,”Gak apa-apa, diberitakan saja, gak ada masalah,” jawabnya kepada Romy, kontributor Aktual di Bengkalis.

 

Hal ini menjadi sorotan LSM Penggiat pemantau korupsi di Riau, atas pertanyaan awak media ini kepada salah satu LSM pemantau korupsi di Riau, hal ini langsung mendapat sorotan, dan kedepan jika indikasi korupsi dalam temuan BPK di nilai cukup, maka kemungkinan besar akan mempersiapkan laporanya kepada KPK di Jakarta.

 

” Patut diduga ada kesalahan dalam penggunaan anggaran sebesar itu, tidak masuk akal sebanyak 102 Desa tidak dapat memberikan LPJ hingga akhir tahun, ini kan gak lucu, kepolisian atau KPK sudah saatnya lakukan penyelidikan, karena ini tidak masuk akal,”kata ketua LSM di Pekanbaru.

 

Menurutnya aparat penegak hukum tidak boleh tutup mata atas permasalahan tersebut, namun diakuinya, penegak hukum akan bekerja jika ada laporan yang masuk.

 

“Ini tidak boleh dibiarkan, temuan BPK sangat layak untuk di tindaklanjuti secara hukum, karena potensi KKN itu sangat tinggi, konon Presiden RI Joko Widodo sangat konsen memantau semua anggaran Desa,” tambah ketua LSM.||| Feri Sibarani.Sumber.aktual.com(*)

 

 

Editor : Feri S

Terkait

Presiden: Lakukan Pembangunan Pertanian Dengan Skala yang Lebih Luas

Januari 11, 2021

JAKARTA --| Presiden: Lakukan Pembangunan Pertanian dengan Skala yang Lebih Luas. Pada 11 Januari 2021 Presiden Jokowi saat meresmikan Pembukaan Rakernas Pembangunan Pertanian Tahun 2021, Senin...

BABINSA BERI WASBANG SECARA VIRTUAL

Oktober 26, 2020

Boyolali,- Mengingat pentingnya wawasan kebangsaan bagi siswa, juga kondisi yang tidak memungkinkan untuk melangsungkan kegiatan belajar mengajar dengan bertatap muka, saat ini Babinsa Koramil...

Dirlantas Polda Metro Jaya Siapkan Pos Pengamanan Saat Cuti Bersama

Oktober 25, 2020

Jakarta| Dirlantas Polda Metro Jaya siapkan Sebanyak 15 pos pengamanan disiapkan Polda Metro Jaya saat libur cuti bersama. Titik posko tersebar di jalan tol dan beberapa titik jalan...

Oknum Polri Berpangkat Kompol Jadi Kurir Narkotika

Oktober 25, 2020

Pekanbaru, |Dirresnarkoba Polda Riau Pengungkapan kasus narkoba jenis sabu yang melibatkan anggota Polri dengan barang bukti sebanyak 16 kilogram, dan mengamankan dua tersangka, pengungkapan...

Pemdes Arse Simatorkis Tentukan Titik Rencana Pembangunan Jembatan Gantung

Oktober 24, 2020

Sabtu, 24 Okt 2020 | Penulis : Bonardon Padang Lawas,-Pemerintahan Desa Arse (Pemdes) Simatorkis Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas (Palas) tentukan titik rencana pembangunan jembatan gantung...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Adi
Adi
1 year ago

Desan kmi bangunan nya belum selesai dri Desan buluh Cawang