Berita Istana - Berita Terbaru dan Terpercaya

Cara Menanam Bawang Putih Dalam Pot atau Polybag

Cara Menanam Bawang Putih Dalam Pot atau Polybag

KAMIS 23 JANUARI 2020 |

BERITAistana.com-Menjadi salah satu rempah yang ‘nyaris’ ada disetiap masakan membuat permintaan pasokan bawang putih tidak pernah putus. Terlebih berbagai khasiat bawang putih yang ditawarkan sangat berguna bagi kesehatan tubuh dan bermanfaat bagi kecantikan kulit. Pembudidayaannya pun di lakukan secara besar-besaran. Untuk pembudidayaannya sangat mudah dan tentunya murah meriah. Hanya memerlukan lahan dan bawang putihnya saja.

Bawang putih tidak hanya bisa dibudidayakan dalam lahan yang luas, namun bisa dicoba dengan media pot atau polybag.
Bawang putih tidak hanya bisa dibudidayakan dalam lahan yang luas, namun bisa dicoba dengan media pot atau polybag.

Namun bagi pemula yang ingin mencoba menanamnya dan tidak memiliki lahan tanah yang luas, coba tanam menggunakan wadah seperti pot atau polybag saja. Kualitas bawang putih yang di hasilkan sama dengan yang di tanam pada lahan luas. Caranya coba ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Tentukan waktu penanaman

Untuk menanam bawang putih, disarankan dilakukan pada saat matahari bersinar. Maksudnya sebaiknya tidak di tanam pada musim penghujan berlangsung.

2. Siapkan media tanam

  • Siapkan beberapa siung bawang putih yang masih segar.

Dalam tahap ini ada 2 cara yang bisa di pilih, yaitu pertama dengan menggunakan bawang putih bertunas. Agar bawang putih bertunas, simpan bawang putih tersebut di dalam kulkas selama 1 sampai 2 minggu hingga kecambahnya tumbuh. Yang kedua, bawang putih tanpa tunas. Dikupas kulit luarnya. Kupas seperti saat ingin mengolahnya menjadi masakan.

  • Siapkan tanah untuk menanam bawang putih.

Tanah yang diperlukan adalah tanah yang bercampur dengan pasir. Jangan menanamnya pada tanah liat, karena bawang putih tidak menyukai tanah lunak itu. Untuk kombinasi terbaik, gunakan tanah ditambah pasir dan juga pupuk kandang.

Media tanah yang disukai bawang putih adalah yang tercampur dengan pasir.
Media tanah yang disukai bawang putih adalah yang tercampur dengan pasir.
  • Siapkan wadah penanaman, yaitu polybag atau pot.

3. Penanaman

    • Masukkan tanah pada polybag
    • Tanam bawang putih sedalam 2 sampai 3 cm pada tanah yang sudah berada di dalam pot atau polybag. Pastikan bahwa ujung bawang yang runcing menghadap ke atas agar arah tumbuhnya ke atas, bukan ke samping. (kayak iklan, hehehe 😀 ) Tutupi kembali dengan tanah. Pada bawang putih yang tunasnya sudah mulai tumbuh, tanam bawangnya dengan membiarkan bagian tunasnya tetap di atas permukaan tanah.
    • Lakukan penyiraman sewajarnya saja. Jangan biarkan kering dan jangan pula membuat tanahnya becek.
    • Berikan pupuk seminggu sekali. Dan jangan lupa beri asupan paparan sinar matahari yang cukup.
    • Pada usia 2 minggu, biasanya daunnya sudah akan muncul dan mulai meninggi. Pastikan untuk memperhatikan dan menyingkirkan keberadaan hama penyakit yang bisa merusak tanaman bawang putih Anda.
    • Bawang putih yang berusia 90 – 100 hari sudah tumbuh subur dan siap untuk dipanen.
Bawang putih yang tumbuh pada pot bisa dipanen ketika berusia 90-100 hari
Bawang putih yang tumbuh pada pot bisa dipanen ketika berusia 90-100 hari

Nah, mudah sekali bukan? Silahkan Anda praktekkan di rumah Anda. Anda juga bisa memesan aneka benih / bibit tanaman bawang yang kami sediakan di toko online kami, silahkan klik disini untuk melihat katalognya. Namun, jika Anda membutuhkan perlengkapan berkebun lainnya, seperti pot, polybag, media tanam, sekop dan lain-lain, silahkan klik disini.

Terkait

Apresiasi Pemkab Malang, KD Menyebutkan Presiden Jokowi Akan Turun Langsung ke Lokasi Gempa Malang

April 25, 2021

Jawa Timur, -Apresiasi Pemkab Malang, KD Menyebutkan Presiden Jokowi Akan Turun Langsung ke Lokasi Gempa Malang. Anggota DPR RI Dapil V Malang Raya Fraksi PDIP yang juga merupakan Diva Indonesia,...

Kapolri: Polri Beri Kekuatan Terbaik Bantu Cari KRI Nanggala 402

April 24, 2021

BALI- Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan, Polri akan memberikan yang terbaik dalam upaya pencarian kapal selam KRI Nanggala 402 yang hilang di perairan Bali. Saat ini, kata Sigit, Polri...

Terima Uang Sogokan Ratusan Juta Ditresnarkoba Bebaskan AMR Tumbalkan RUS

April 12, 2021

KALTENG - Penangkapan terhadap berinisial RUS oleh Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Kalteng, disoal pihak keluarga karena dianggap janggal. ‎ Menurut Triyono, kepada media .........

Presiden Jokowi Resmikan Bandara Toraja

Maret 18, 2021

TORAJA_Dalam kesempatan yang sama, Presiden turut meresmikan secara virtual Bandara Pantar di Nusa Tenggara Timur_ Peningkatan aksesibilitas dan konektivitas transportasi penting artinya untuk...

Diduga Melakukan Selingkuh Oknum Lurah di Mangunan Bantul Digerebek Warganya 

Maret 7, 2021

BANTUL, – Merasa geram dengan perilaku Lurah yang diduga telah melakukan perselingkuhan dengan salah satu warga, malam tadi, Minggu (7/3/2021), sekitar 100 warga dari 6 dusun (cempluk, mangunan,...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Marthen Kombongkila'
Marthen Kombongkila'
1 year ago

Ambisi skli utk menanam bawang putih, ttpi sangat sulit utk mendptkan bibitnya di daerah kami yaitu : Desa Manduruk Kec. Malimbong Balepe’ Kab. Tana Toraja Prop Sulsel.
Saya menunggu Info selanjutnya ya? Trims.