Berita Istana - Berita Terbaru dan Terpercaya

BST Dinilai Salah Sasaran Puluhan Warga Desa Ngarum Kecamatan Ngrampal Geruduk Sekdes

BST Dinilai Salah Sasaran Puluhan Warga Desa Ngarum Kecamatan Ngrampal Geruduk Sekdes

SRAGEN, -Rasa kecewa warga nampaknya sudah tidak bisa dibendung, warga beramai-ramai mendatangi Kantor Desa Ngarum Kecamatan Ngrampal Kabupaten Sragen untuk menuntut keadilan. Hal itu disebabkan karena Sekretaris Desa dinilai membuat kebijakan BST seenaknya sendiri dan tidak menguntungkan warga. Senin (15/6/2020) pukul 08.30 WIB.

Salah satu warga setempat yang tidak mau disebut namanya mengatakan bahwa kebijakan Sekretaris Desa tidak mengedepankan transparansi dan tidak berpihak untuk warganya.

“Kami menemukan beberapa kebijakan Sekretaris Desa yang kami nilai tidak mengedepankan prosedur, salah satunya yakni kami menemukan urut-urutan semua famliy Sekretaris Desa yang ikut menerima BST, sedangkan warga yang harusnya berhak menerima malah tidak dapat”. Paparnya.

Informasi yang dihimpun dari tokoh masyarakat, bahwa terkait aksi warga di Desa Ngarum tersebut merupakan buntut dari kisruh bantuan sosial tunai (BST). Mereka mendatangi balai desa pada pukul 10.05 WIB dan membawa spanduk bernada sindiran atas dugaan penyaluran BST yang dinilai salah sasaran, salah satu spanduk berbunyi “BST, Bantuan Saudara Thook”.

Mereka juga menyuarakan, soal bantuan diduga banyak hanya diterima anggota keluarga dari perangkat desa (perdes) sendiri, kemudian menjadikan berbagai kecurigaan serta sorotan bagi para warga masyarakat. Banyaknya keluarga dari perdes di Desa Ngarum yang mendapat jatah BST itu memantik reaksi dan sorotan dari kalangan pemilik usaha kecil menengah (UMKM) di Desa.

Terkait hal itu, info yang beredar bahwa ada sejumlah 6 anggota famili dan kerabat dari sekretaris desa (sekdes), empat kerabat dari kepala dusun (kadus), dan satu keluarga dari dari seorang kasi diduga ikut menerima bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos) tersebut.

“Kami datang sebagai warga Desa Ngarum atas dasar keprihatinan dan klarifikasi, juga atas dasar soal beredarnya berita kurang baik menyangkut penyaluran BST di media massa dan media sosial,” ujar salah satu orasi warga, Irianto, (56).

Masih menurut mereka, biarpun sama-sama terdampak Covid-19, mereka melayangkan protes karena tidak mendapatkan BST dan berharap kejelasan dalam orasinya tersebut.

Ditempat yang sama, Kapolsek Ngrampal, AKP Lukman, dengan bijak menanyakan surat izin terkait kegiatan pengumpulan banyak warga untuk memprotes BST di Balai Desa Ngarum tersebut. Namun, salah satu warga hanya bisa menunjukkan surat pemberitahuan melalui pesan di ponsel saja.

Sebagai jalan penengah, pihak Polsek akhirnya mempersilakan perwakilan warga menemui pihak perangkat desa.

Hingga berita ini dirilis, proses audiensi antara warga dengan Pemerintah Desa (Pemdes) Ngarum Sragen dalam pantauan masih berlangsung dan belum usai. (Tim dan SG)

Terkait

Terima Uang Sogokan Ratusan Juta Ditresnarkoba Bebaskan AMR Tumbalkan RUS

April 12, 2021

KALTENG - Penangkapan terhadap berinisial RUS oleh Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Kalteng, disoal pihak keluarga karena dianggap janggal. ‎ Menurut Triyono, kepada media .........

Presiden Jokowi Resmikan Bandara Toraja

Maret 18, 2021

TORAJA_Dalam kesempatan yang sama, Presiden turut meresmikan secara virtual Bandara Pantar di Nusa Tenggara Timur_ Peningkatan aksesibilitas dan konektivitas transportasi penting artinya untuk...

Diduga Melakukan Selingkuh Oknum Lurah di Mangunan Bantul Digerebek Warganya 

Maret 7, 2021

BANTUL, – Merasa geram dengan perilaku Lurah yang diduga telah melakukan perselingkuhan dengan salah satu warga, malam tadi, Minggu (7/3/2021), sekitar 100 warga dari 6 dusun (cempluk, mangunan,...

Warganya Kesulitan Ekonomi Kepala Dusun Cuek Pengusaha Muda Turun Tangan Bantu Warga

Maret 1, 2021

  KOPI Jembrana – Kondisi Pandemi Covid-19 membuat banyak warga menjerit. Keadaan ekonomi yang sulit memunculkan tekanan psikologis masyarakat di mana-mana. Bencana kemanusiaan sedang...

Menhub Tinjau Tirtonadi, Gibran Tekankan Pembangunan Lantai 2 Terminal Akan Jadi Pusat Kegiatan Produktif

Februari 28, 2021

SOLO, - Menhub Tinjau Tirtonadi, Gibran Tekankan Pembangunan Lantai 2 Terminal Akan Jadi Pusat Kegiatan Produktif. Menhub Ir. Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan kerja di Kota Solo, Minggu...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments