Berita Istana - Berita Terbaru dan Terpercaya

Babinsa Pastikan Warga Tenang Saat Bepergian

IMG-20200704-WA0133

Boyolali. Salah satu wujud kepedulian Babinsa Pulutan anggota Koramil 13/Nogosari Kodim 0724/Boyolali Serka Sumanto mengantarkan warga binaannya ke Puskesmas Nogosari untuk mencari Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) dan surat keterangan sehat bebas Covid-19, surat ini dibutuhkan sebagai syarat mutlak warga yang akan bepergian keluar daerah. Sabtu (04/07).

Tidak sama dengan surat pernyataan sehat pada umumnya, surat keterangan sehat bebas Covid-19 juga harus menyertakan bukti hasil rapid test atau PCR yang menyatakan non reaktif.

Saat dikonfirmasi Babinsa Pulutan anggota Koramil 13/Nogosari Kodim 0724/Boyolali Serka Sumanto mengatakan proses mendapatkan surat keterangan sehat bebas Covid-19 rentan dimanipulasi oleh segelintir orang yang tidak ingin ribet atau enggan mengeluarkan tenaga dan uang untuk membuatnya.

“Tujuan kehadiran kami ini untuk memastikan warga yang akan bepergian keluar daerah tenang, karena proses mendapatkan surat keterangan sehat bebas Covid-19 rentan dimanipulasi oleh segelintir orang yang tidak ingin ribet” Tutur Babinsa.
Berdasarkan UU KUHP pasal 267, dokter yang memberikan surat keterangan sehat palsu dapat dipidana paling lama hingga empat tahun. Sedangkan UU KUHP pasal 268 menyatakan bahwa dokter yang membuat surat keterangan sehat palsu dengan maksud menyesatkan penanggung dapat dipidana hingga empat tahun.

Surat keterangan sehat bebas Covid-19 ini tidak hanya dibutuhkan untuk kelancaran bepergian ke luar daerah, tapi juga untuk memastikan bahwa warga sehat dan tidak berpotensi menyebarkan virus kepada orang lain.(Agus kemplu)

Editor  : Umy

Terkait

Diduga Rekayasa Kasus, JPU Budi Atmoko Dilaporkan ke Komisi Kejaksaan

Januari 22, 2021

Diduga Rekayasa Kasus, JPU Budi Atmoko Dilaporkan ke Komisi Kejaksaan

1
Please leave a feedback on thisx
Jakarta –...

Presiden: Lakukan Pembangunan Pertanian Dengan Skala yang Lebih Luas

Januari 11, 2021

JAKARTA --| Presiden: Lakukan Pembangunan Pertanian dengan Skala yang Lebih Luas. Pada 11 Januari 2021 Presiden Jokowi saat meresmikan Pembukaan Rakernas Pembangunan Pertanian Tahun 2021, Senin...

BABINSA BERI WASBANG SECARA VIRTUAL

Oktober 26, 2020

Boyolali,- Mengingat pentingnya wawasan kebangsaan bagi siswa, juga kondisi yang tidak memungkinkan untuk melangsungkan kegiatan belajar mengajar dengan bertatap muka, saat ini Babinsa Koramil...

Dirlantas Polda Metro Jaya Siapkan Pos Pengamanan Saat Cuti Bersama

Oktober 25, 2020

Jakarta| Dirlantas Polda Metro Jaya siapkan Sebanyak 15 pos pengamanan disiapkan Polda Metro Jaya saat libur cuti bersama. Titik posko tersebar di jalan tol dan beberapa titik jalan...

Oknum Polri Berpangkat Kompol Jadi Kurir Narkotika

Oktober 25, 2020

Pekanbaru, |Dirresnarkoba Polda Riau Pengungkapan kasus narkoba jenis sabu yang melibatkan anggota Polri dengan barang bukti sebanyak 16 kilogram, dan mengamankan dua tersangka, pengungkapan...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments